Cara Membatalkan Transfer ShopeePay ke Bank Setelah Diproses

Cara Membatalkan Transfer ShopeePay ke Bank – Sebagai pelanggan Shopee, pasti banyak dari kalian yang kerap menggunakan layanan ShopeePay. Ya, ShopeePay merupakan fasilitas eWallet yang tersedia di aplikasi Shopee.

Dengan adanya fasilitas tersebut, pelanggan bisa lebih mudah dalam melakukan pembayaran di aplikasi Shopee. Selain dipakai untuk pembayaran, ShopeePay juga mendukung transaksi lain, salah satunya adalah transfer ShopeePay ke Bank.

Nah, khusus untuk fitur transfer ShopeePay ke rekening Bank, beberapa pengguna ShopeePay menanyakan apakah transaksi tersebut bisa dibatalkan? Terkait pertanyaan itu, tim Bankir.id telah menyiapkan penjelasannya secara lengkap pada artikel ini.

Advertisements

Ada beberapa alasan yang mendasari pengguna ingin membatalkan pengiriman uang dari ShopeePay ke rekening Bank. Untuk mengetahui apa saja alasan tersebut dan seperti apa cara membatalkan transfer ShopeePay ke Bank, silahkan simak ulasan dibawah ini.

Alasan Membatalkan Pengiriman Uang ShopeePay ke Bank

Dalam penggunaan aplikasi Shopee, setiap pelanggan pasti merasa sangat terbantu dengan adanya fasilitas ShopeePay. Melalui fasilitas tersebut segala macam transaksi pembayaran di Shopee bisa lebih mudah. Selain itu, ketika melakukan Checkout produk di Shopee dengan metode pembayaran ShopeePay, kalian bisa menikmati fitur Gratis Ongkir hingga Cashback.

Kemudian sama seperti fasilitas Dompet Digital pada umumnya, disini ShopeePay juga mendukung fitur lain, diantaranya adalah transfer ShopeePay ke ShopeePay, transfer ShopeePay ke DANA, OVO, LinkAja hingga transfer ShopeePay ke rekening Bank.

Dalam penggunaan fitur transfer ShopeePay, kalian bisa memilih metode verifikasi dan tanpa verifikasi. Khusus untuk transfer ShopeePay tanpa verifikasi hanya bisa dilakukan ke sesama pengguna dalam jarak dekat, karena metode ini bakal memanfaatkan fitur Scan QR.

Bicara mengenai transaksi transfer ShopeePay, mungkin beberapa dari kalian ada yang sering mengirimkan saldo ShopeePay ke rekening Bank. Jika demikian, pernahkah kalian ingin membatalkan transaksi tersebut ketika sedang diproses? Hal ini biasanya dilakukan ketika :

1. Mengalami Salah Kirim

Pertama, nomor rekening Bank tujuan pengiriman ShopeePay salah, jadi kalian perlu membatalkan transaksi tersebut sebelum disalahgunakan oleh pihak penerima.

2. Nominal Transfer Tidak Sesuai

Kedua, pembatalan transfer ShopeePay ke Bank juga perlu dilakukan ketika nominal saldo ShopeePay yang dikirim tidak sesuai, jadi untuk memangkas biaya admin jika harus kirim dua kali, pengguna biasanya ingin membatalkan transaksi dan melakukan transaksi ulang dengan nominal yang sesuai.

3. Akun Shopee di Hack

Alasan terakhir dilakukan pembatalan transfer ShopeePay ke Bank adalah ketika akun Shopee di Hack atau diretas oleh pihak tidak bertanggung jawab. Ketika berhasil mengakses akun Shopee pengguna, biasanya mereka mulai menguras saldo ShopeePay dengan cara mengirimkan nya ke rekening pelaku.

Apabila transaksi tersebut baru dilakukan dan pemilik akun segera mengetahui adanya aksi pencurian akun, maka hal pertama yang perlu dilakukan adalah membatalkan transaksi tersebut. Setelah itu, baru mengganti informasi keamanan seperti Email dan kata sandi Akun Shopee.

Syarat Membatalkan Kirim Saldo ShopeePay ke Bank

Setelah mengetahui beberapa alasan pengguna ingin membatalkan ShopeePay ke Bank, sekarang kalian juga perlu tahu apakah bisa melakukan pembatalan transfer ShopeePay ke Bank ketika transaksi sedang diproses atau sudah selesai diproses.

Baiklah, disini kami tegaskan bahwa pembatalan transaksi tersebut hanya bisa dilakukan jika pengguna telah memenuhi semua syarat dibawah ini :

1. Transaksi Belum Diproses

Pertama, proses pembatalan harus segera dilakukan sesaat setelah transaksi dilakukan dan kalau bisa status transaksi belum diproses. Dengan begitu, transfer ShopeePay ke Bank bisa segera dibatalkan secara langsung.

2. Memiliki Bukti Transfer yang Sah

Tapi jika status transaksi sudah terlanjur sedang diproses atau bahkan sudah di konfirmasi dan diterima oleh pihak penerima, maka kalian perlu menyiapkan bukti screenshot dari status transaksi tersebut. Nantinya bukti itu digunakan sebagai syarat membatalkan transfer ShopeePay ke Bank.

3. Saldo ShopeePay Terkirim Belum Digunakan

Sedangkan syarat terakhir adalah saldo ShopeePay yang sudah terkirim dan ingin dibatalkan harus belum digunakan oleh pihak penerima. Syarat ini hanya berlaku jika pembatalan transaksi dilakukan antara pengguna yang saling kenal atau paling tidak tahu cara menghubungi pemilik rekening tersebut.

Cara Membatalkan Transfer ShopeePay ke Bank

Cara Membatalkan Transfer ShopeePay ke Bank

Sampai disini kalian sudah tahu apa saja syarat membatalkan transfer ShopeePay ke Bank. Selanjutnya, kami bakal menjelaskan bagaimana cara melakukan pembatalan dari transaksi tersebut.

Jadi, perlu diketahui bahwa untuk saat ini pihak Shopee sendiri belum menyediakan menu khusus untuk membatalkan transfer ShopeePay ke Bank, nomor ShopeePay maupun akun eWallet.

Meski begitu, dengan alasan tertentu kalian masih membatalkan transfer ShopeePay ke Bank dengan cara menghubungi Customer Service Shopee. Tapi ingat, sebelum melakukan pembatalan pastikan kalian sudah memenuhi semua syarat diatas, terutama screenshot bukti transfer ShopeePay ke Bank.

Selain itu, kalian juga perlu menyiapkan nama Bank tujuan, nomor rekening yang dimasukkan dan tanggal terjadinya kesalahan transaksi tersebut. Lalu siapkan juga penjelasan terkait alasan kalian ingin membatalkan transfer ShopeePay ke Bank.

Jika semuanya sudah siap, sekarang ikuti langkah-langkah dibawah ini :

  1. Buka aplikasi Shopee
  2. Masuk ke menu Saya di pojok kanan bawah
  3. Setelah itu scroll kebawah dan pilih menu Chat Dengan Shopee
  4. Pada tampilan berikutnya kalian pilih Chat With Live Agen
  5. Kemudian tentukan jenis akun dan pilih tema permasalahan ShopeePay atau Pembatalan & Pengembalian Barang
  6. Selanjutnya pilih Chat dengan Customer Service Shopee
  7. Setelah terhubung dengan CS Shopee, silahkan jelaskan permasalahan yang dialami, yaitu ingin membatalkan transfer ShopeePay ke Bank dan jangan lupa untuk mengunggah bukti screenshot yang telah disiapkan.
  8. Kemudian CS akan menanyakan apa alasan kalian melakukan pembatalan transfer ShopeePay ke Bank. Silahkan jelaskan alasan secara lengkap
  9. Jika sudah, kalian diminta untuk menunggu beberapa saat, petugas CS akan membantu cek status transaksi
  10. Apabila transaksi belum di verifikasi, maka pembatalan tersebut masih bisa dilakukan
  11. Setelah itu kalian tinggal menunggu proses Refund atau pengembalian dana ShopeePay yang salah transfer ke rekening Bank

Berapa Lama Proses Pengembalian Saldo ShopeePay Ketika Dibatalkan?

Berapa Lama Proses Pengembalian Saldo ShopeePay Ketika Dibatalkan

Kemudian bagi yang penasaran terkait berapa lama proses Refund pembatalan transfer ShopeePay ke Bank, disini kami telah menyiapkan jawabannya. Jadi, pengembalian saldo ShopeePay yang salah transfer akan diterima dalam waktu maksimal 1 x 24 jam.

Apabila dalam kurun waktu tersebut saldo ShopeePay tidak kunjung masuk ke akun pengirim, maka kalian bisa menghubungi petugas CS Shopee sekali lagi untuk melaporkan kendala tersebut.

Akhir Kata

Itu dia pembahasan dari Bankir.id mengenai cara membatalkan transfer ShopeePay ke Bank ketika sedang diproses maupun sudah diproses (transaksi berhasil). Jadi, meskipun di aplikasi Shopee belum menyediakan fitur khusus untuk membatalkan transfer ShopeePay ke Bank maupun akun lain, kalian yang mengalami salah transfer atau indikasi peretasan akun, masih tetap bisa membatalkan transaksi dengan cara meminta bantuan pada petugas Customer Service Shopee melalui menu Live Chat.

sumber gambar :

  • ginee.com
  • lipsku.com
  • support.google.com
  • cerdasbelanja.grid.id

Tinggalkan komentar