20 Cara Melacak Kartu ATM yang Hilang 2022, Uang Tetap Utuh!

Cara Melacak Kartu ATM yang Hilang – Kehilangan sebuah hal berharga ketika sedang dibutuhkan memang terkadang membuat kita panik sendiri. Apalagi jika hal tersebut merupakan objek semacam Kartu ATM.

Penggunaan Kartu ATM memang terkadang cukup intens bagi sebagian orang mengingat di dalam rekening tersimpan saldo dana yang digunakan untuk kebutuhan harian. Jadi wajar jika informasi mengenai cara melacak Kartu ATM yang hilang sangat penting.

Namun, karena ketidaktahuan tentang cara melacak kartu ATM yang hilang tersebut membuat banyak nasabah akhirnya merelakan begitu saja. Jadi sebenarnya bagaimana prosedur melacak kartu ATM tersebut?

Advertisements

Agar bisa membantu Anda yang tengah mengalami masalah serupa, maka Bankir ID akan coba jelaskan bagaimana Cara Melacak Kartu ATM yang Hilang. Jadi Anda tidak perlu repot lagi melakukan serangkaian kegiatan administrasi kepada pihak bank.

Penyebab Kartu ATM Hilang

Penyebab Kartu ATM Hilang

Sebelum mulai pada cara melacak ATM, maka kami akan coba membahas tentang penyebab kehilangan kartu ATM terlebih dahulu. Adanya pembahasan ini diberikan untuk sedikit membuka kembali memori Anda ketika menggunakan Kartu ATM sebelum hilang.

Berikut beberapa penyebab kartu ATM bisa hilang.

1. Lupa Menarik Kartu dari Mesin ATM

Salah satu hal yang paling sering membuat orang kehilangan kartu ATM adalah lupa menariknya dari mesin ATM sesaat setelah mengambil uang. Jika memang demikian, cobalah melacak secara manual dan ingat kembali dimana terakhir kali Anda melakukan penarikan.

2. Terselip pada Tumpukan Dokumen

Kartu ATM merupakan salah satu benda dengan ukuran kecil yang berpotensi terselip dalam beberapa tumpukan dokumen. Cobalah untuk melacak secara manual dengan cek seluruh tumpukan dokumen yang mungkin tertata di ruangan Anda.

3. Terjatuh saat Beraktivitas

Adapun kemungkinan jika kartu ATM terjatuh saat melakukan aktivitas. Misalnya saja pada saat berkendara, mengambil barang dari tas, dan beragam aktivitas lainnya. Jadi Anda bisa mulai melacak terlebih dahulu dengan mengingat serangkaian aktivitas sebelum ATM hilang.

4. Dicuri Oleh Oknum Tidak Bertanggungjawab

Terkadang tindak kriminal seperti pencurian datang tanpa kita bisa lakukan deteksi dini. Bisa jadi kartu ATM yang dimiliki ternyata diambil oleh orang lain pada saat lengah. Jika memang kondisinya demikian, maka segera cek barang berharga lainnya dan lapor pihak berwajib.

5. Tertinggal di Suatu Tempat

Bisa juga Kartu ATM hilang karena tertinggal di suatu tempat. Biasanya nasabah dengan masalah ini menggunakan Kartu ATM sebagai syarat dan lupa untuk mengambilnya kembali setelah pihak lembaga/instansi/perusahaan terkait menyelesaikan proses verifikasi.

Cara Melacak Kartu ATM yang Hilang Terlengkap

Cara Melacak Kartu ATM yang Hilang Terlengkap

Setelah mengetahui beberapa penyebab hilangnya Kartu ATM, barulah kita bisa mencoba cara melacak dengan berbagai upaya. Tentunya semua cara melacak pada pembahasan ini dilakukan dengan menggunakan prosedur umum dari pihak perbankan.

Berikut beberapa Cara Melacak Kartu ATM yang Hilang.

1. Cara Melacak Kartu ATM Melalui Aplikasi Mobile Banking

Mobile Banking memang sudah semakin inovatif karena pihak bank selalu update sistemnya secara berkala. Bahkan nasabah bisa menerapkan cara melacak ATM yang hilang langsung di aplikasi. Mobile Banking akan menampilkan rincian lokasi terakhir penarikan dana.

2. Cara Melacak Kartu ATM Melalui Call Center Bank

Setiap bank pastinya memiliki layanan Call Center Resmi sebagai sarana pengaduan, penyelesaian masalah, dan sumber informasi. Nasabah bisa memanfaatkan layanan Call Center tersebut untuk terhubung langsung dengan pihak bank dan melacak Kartu ATM.

3. Cara Melacak Kartu ATM Melalui Kantor Bank Terdekat

Melacak Kartu ATM akan lebih valid jika langsung dilakukan melalui kantor cabang. Sebelum cara melacak dilakukan, maka biasanya Anda akan dimintai Buku Tabungan, Nominal Terakhir Penarikan, dan Nama Ibu Kandung sebagai prosedur verifikasi.

Barulah setelah proses verifikasi selesai, maka dapat diketahui dimana terakhir kali Anda bertransaksi dan nominal terakhir penarikan. Jadi itulah mengapa cara melacak langsung melalui kantor cabang bank lebih dianjurkan.

Jika beberapa upaya di atas sudah Anda lakukan, maka selanjutnya adalah menutup jalur transaksi yang mungkin bisa menyebabkan hilangnya saldo pada rekening tabungan.

Cara Menjaga Uang di Rekening Kartu ATM Tetap Utuh

Cara Menjaga Uang di Rekening Kartu ATM Tetap Utuh

Jika tidak memegang Kartu ATM dan tidak memiliki aplikasi Mobile Banking, maka ada baiknya anda segera melakukan tindakan pencegahan guna menjaga saldo rekening tetap utuh. Ada beberapa cara untuk menjaga saldo di rekening Kartu ATM tetap utuh.

Berikut beberapa cara menjaga saldo rekening Kartu ATM tetap utuh setelah hilang.

1. Membuat Laporan Kehilangan di Polsek Terdekat

Jika Kartu ATM sudah terlanjur hilang, maka segera lapor ke kantor polisi (Polsek) terdekat. Nantinya Anda akan dimintai beberapa keterangan dan akhirnya diberikan Surat Kehilangan yang bisa digunakan kembali dalam pembuatan Kartu ATM baru.

2. Memblokir Kartu ATM di Bank Terdekat

Kartu ATM hilang masih bisa disalahgunakan jika ditemukan oleh oknum tidak bertanggungjawab. Maka dari itu segera kunjungi kantor bank terdekat guna memblokir kartu dan menjaga uang di rekening tetap utuh.

3. Memindahkan Seluruh Saldo ke Rekening Bank Lain

Apabila secara kebetulan Anda memiliki aplikasi m-Banking serta rekening tabungan lainnya, maka segera pindahkan seluruh saldo di Kartu ATM hilang ke rekening lainnya. Tujuannya tentu saja agar menjaga uang tetap utuh dan disalahgunakan oleh orang lain.

Cara Membuat Kartu ATM Baru Jika Hilang

Cara Membuat Kartu ATM Baru Jika Hilang

Jika sudah terlanjur hilang setelah melacak dengan berbagai cara, maka tidak ada salahnya jika kita membuat Kartu ATM baru. Prosedur pembuatan Kartu ATM baru ini bisa dilakukan langsung melalui kantor tempat pertama kali rekening di buka.

Berikut langkah-langkah pada cara membuat Kartu ATM baru.

1. Syarat Pembuatan Kartu ATM Baru Jika Hilang

Sebelum membuat Kartu ATM baru pasca hilang, ada beberapa syarat yang harus dipersiapkan agar cara atau proses pembuatan berjalan lancar. Berikut beberapa persyaratan dalam membuat Kartu ATM baru.

  • Surat Keterangan Kehilangan dari pihak kepolisian.
  • KTP aktif, berlaku, serta terdaftar secara resmi dalam data kependudukan lembaga terkait.
  • Buku Tabungan Asli

Setelah semua syarat di atas terkumpul, barulah kita bisa mengumpulkan berkas syarat pada satu wadah dan menuju ke kantor bank.

2. Mengunjungi Kantor Bank Tempat Pembukaan Rekening

Langkah selanjutnya adalah mengunjungi kantor bank tempat pembukaan rekening Kartu ATM yang hilang. Proses ini tidak bisa dilakukan melalui kantor cabang bank lainnya jika tidak sesuai definisi di atas. Setibanya di lokasi, ambil nomor antrean menuju Customer Service.

3. Menuju Customer Service Bank Terkait

Jika tiba giliran Anda untuk dilayani, maka segera menuju ke Customer Service kemudian ceritakan masalah hilang ATM dan berbagai upaya melacak yang sudah dilakukan. Nantinya Customer Service akan memahami tujuan kedatangan nasabah.

4. Melakukan Pengisian dan Penyerahan Berkas Persyaratan

Setelah mengetahui maksud dan tujuan, maka Customer Service akan meminta beberapa dokumen persyaratan dan memberikan formulir pembuatan Kartu ATM baru. Jika semua syarat terpenuhi, tunggu beberapa saat sampai CS selesai menyelesaikan proses verifikasi.

5. Membuat PIN Kartu ATM Baru

Setelah pihak Customer Service melakukan proses verifikasi, maka Kartu ATM akan dibuat dan beberapa saat langsung jadi saat itu juga. Silahkan buat kombinasi Angka 6 Digit sebagai PIN Kartu ATM baru dan Selesai.

6. Daftar Mobile Banking

Kini Anda sudah mengetahui jika fasilitas perbankan tidak hanya sekedar Kartu ATM saja melainkan ada Mobile Banking juga. Maka dari itu segera daftar aplikasi M Banking tersebut pada CS agar bisa segera diproses.

Jika kebetulan Anda adalah nasabah bank BCA, maka kamin sudah pernah membuat pembahasan mengenai Cara Daftar M Banking BCA secara lengkap dan sesuai prosedur.

Jika Kartu ATM Hilang Apakah Uangnya Hilang

Jika Kartu ATM Hilang Apakah Uangnya Hilang

Apabila Anda memiliki pertanyaan demikian, maka jawabannya bisa jadi Iya dan Tidak. Uang di ATM tidak akan hilang selama penemu Kartu tidak memiliki akses masuk seperti PIN. Kemudian nasabah juga sudah memblokir Kartu ATM sebelum sempat digunakan.

Uang di Kartu ATM yang hilang bisa berkurang bahkan habis jika penemu memiliki akses terhadap Kartu ATM seperti nomor PIN. Maka dari itu hindari menyimpan catatan nomor PIN Kartu ATM di sembarang tempat.

Akhir Kata

Kini kita bisa sedikit merasa lega dengan adanya beberapa Cara Melacak Kartu ATM yang hilang di atas. Tentunya jangan lupa beberapa upaya atau tindakan pencegahan guna menjaga saldo di rekening tetap utuh.

Sekian pembahasan mengenai Cara Melacak Kartu ATM dari Bankir ID. Nantikan informasi menarik seputar dunia perbankan lainnya yang akan selalu di update setiap hari. Semoga pembahasan ini bisa membantu nasabah dengan masalah serupa.

Sumber Gambar: Admin Bankir ID

Tinggalkan komentar