6 Cara Ganti PIN AstraPay Demi Keamanan Akun!!

Cara Ganti PIN AstraPay – Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa semakin hari pengguna AstraPay terus bertambah. Hal ini tentu bukan tanpa alasan, banyaknya fitur transaksi yang tersedia di AstraPay membuat banyak orang tertarik membuat akun AstraPay.

Bicara soal membuat akun AstraPay, pada proses tentu kalian akan diminta membuat PIN atau kode keamanan AstraPay. PIN tersebut nantinya berguna sebagai kode keamanan untuk Login, menyelesaikan transaksi di AstraPay hingga merubah beberapa pengaturan akun AstraPay.

Dengan demikian, peran PIN dalam layanan AstraPay tentu saja sangat penting bukan? Oleh karena itu, disini kami menyarankan untuk ganti PIN AstraPay secara rutin. Kenapa harus melakukan perubahan PIN AstraPay? Simak terus artikel ini untuk mengetahui jawabannya.

Dalam penggunaan layanan Dompet Digital, tentu saja kita wajib waspada dengan segala macam bentuk tindak peretasan. Nah, ganti PIN merupakan salah satu cara atau upaya untuk mencegah kasus tersebut. Tutorial selengkapnya bisa kalian simak dibawah ini.

Syarat Mengubah PIN AstraPay

Syarat Mengubah PIN AstraPay

Seperti kami singgung diatas jika dalam penggunaan AstraPay setiap orang mempunyai PIN sebagai kode keamanan. Kode tersebut akan dimasukkan setiap kali Login dan menyelesaikan transaksi finansial di AstraPay mulai dari TRANSFER UANG, TOP UP SALDO dan lain sebagainya.

Bahkan untuk aktivitas ganti data akun, salah satunya adalah ganti PIN kalian akan diminta untuk memasukkan kode keamanan AstraPay. Sesuai pembahasan kali ini, mengganti PIN apakah diperlukan syarat dan ketentuan khusus? Pada proses ini pihak AstraPay sama sekali tidak meminta syarat apapun.

Jadi jika ada notifikasi berupa Email atau SMS yang meminta kode OTP dan sejenisnya terkait perubahan PIN AstraPay kami sarankan untuk tidak menghiraukan nya. Sebab, hal tersebut bisa merupakan upaya peretasan pada akun AstraPay kalian.

Cara Ganti PIN AstraPay

Cara Ganti PIN AstraPay

Sekarang sampailah kita pada inti pembahasan, yaitu bagaimana cara ganti PIN AstraPay. Jadi, selain tidak membutuhkan syarat apapun, untuk mengubah PIN AstraPay kalian juga hanya perlu mengikuti langkah-langkah mudah dibawah ini :

1. Masuk ke AstraPay

Masuk ke AstraPay

Pertama-tama silahkan buka aplikasi AstraPay lalu Login menggunakan PIN yang kalian miliki.

2. Buka Menu Settings / Pengaturan

Buka Menu Settings

Pada halaman utama, silahkan ketuk ikon Gear di pojok kanan atas untuk masuk ke menu Settings / Pengaturan.

3. Pilih Menu Ubah PIN

Pilih Menu Ubah PIN

Setelah itu akan muncul beberapa pilihan menu pengaturan, disini langsung saja pilih menu Ubah PIN.

4. Masukkan PIN Lama

Masukkan PIN Lama

Lalu masukkan PIN AstraPay yang lama.

5. Buatlah PIN Baru

Buatlah PIN Baru

Kemudian buatlah PIN AstraPay baru. Lakukan proses ini sebanyak dua kali sebagai konfirmasi.

6. Ganti PIN AstraPay Telah Berhasil

Ganti PIN AstraPay Telah
Ganti PIN AstraPay Telah 2

Jika sudah, di layar akan muncul pop-up yang menyatakan bahwa proses perubahan PIN AstraPay telah berhasil. Selain itu, kalian juga akan menerima notifikasi via Email terkait perubahan kode keamanan layanan tersebut.

Manfaat Ganti Kode Keamanan AstraPay

Manfaat Ganti Kode Keamanan AstraPay

Setelah mengetahui bagaimana tata cara ubah kode keamanan AstraPay, sekarang kalian juga perlu tahu apa manfaat dari dilakukannya proses tersebut. Jadi, seperti kami singgung diatas bahwa mengganti PIN AstraPay secara berkala merupakan salah satu bentuk upaya mencegah tindak peretasan pada akun AstraPay.

Perlu diketahui bahwa informasi mengenai PIN dari setiap pengguna wajib dirahasiakan oleh orang lain. Apabila kalian merasa sudah pernah memberitahukan PIN ke orang lain, maka sebaiknya segera ganti PIN tersebut agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Meskipun tidak ada indikasi peretasan, ganti PIN secara rutin (minimal 2 bulan sekali) tetap saja diperlukan. Sekali lagi cara ini bermanfaat untuk memaksimalkan keamanan akun AstraPay dari segala bentuk peretasan.

Akhir Kata

Demikianlah informasi dari Bankir.id mengenai tata cara merubah kode keamanan AstraPay. Untuk melakukan perubahan PIN, pihak AstraPay tidak menerapkan syarat apapun. Selain itu, dengan cara merubah kode keamanan minimal 2 bulan sekali, berarti kalian sudah melakukan upaya menjaga keamanan akun dari oknum-oknum tidak bertanggung jawab yang berusaha meretas akun kalian.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here