11 Cara Bayar BPJS Lewat Mandiri online 2021 : Syarat, Admin & Denda

Cara Bayar BPJS Lewat Mandiri online – BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Soisial) terbagi menjadi dua, yaitu Kesehatan dan Ketenagakerjaan. Kedua layanan tersebut memiliki fungsi yang sama, yaitu menjamin kesehatan seluruh masyarakat Indonesia, baik secara pribadi maupun yang terkait dengan perusahaan.

Namun khusus untuk pengguna BPJS Kesehatan kalian perlu membayar premi atau iuran bulanan sendiri. Jumlah iuran juga dibedakan sesuai jenis kelas yang di pilih. Ada 3 kelas yang tersedia pada layanan BPJS Kesehatan, yaitu Kelas I, Kelas II dan Kelas III.

Sedangkan untuk cara pembayarannya sekarang kalian bisa memanfaatkan fasilitas Mandiri Online. Nah, jika kalian merupakan nasabah Mandiri tapi belum memiliki mBanking Mandiri, segera lakukan registrasi serta aktivasi lewat Kantor Cabang Bank Mandiri terdekat.

Setelah berhasil memiliki akses ke Mandiri Online, untuk langkah-langkah bayar BPJS Kesehatan lewat fasilitas tersebut bakal kami jelaskan secara lengkap pada ulasan dibawah ini. Kami juga punya informasi seputar syarat, biaya transaksi, batas waktu pembayaran hingga denda jika telat bayar BPJS.

Syarat Iuran BPJS Lewat Mobile Banking Mandiri

Syarat Iuran BPJS Lewat Mobile Banking Mandiri

Sekali lagi, bagi kalian para pengguna layanan BPJS Kesehatan memiliki kewajiban untuk bayar iuran setiap bulan. Diatas kami juga telah menyinggung bahwa biaya iuran setiap pengguna ditentukan berdasarkan jenis kelas yang digunakan. Berikut adalah jumlah premi BPJS Kesehatan untuk masing-masing kelas yang tersedia :

  • Kelas I : Rp. 150.000
  • Kelas II : Rp. 100.000
  • Kelas III : Rp. 35.000

Kemudian untuk melakukan pembayaran lewat Mandiri Online kalian wajib memenuhi beberapa syarat sebagai berikut :

Saldo di Rekening Mandiri Mencukupi

pertama, pastikan saldo di dalam rekening Mandiri kalian mencukupi untuk bayar BPJS Kesehatan sesuai kelas yang dipakai. Guna memastikan hal tersebut, kalian bisa melakukan CEK SALDO MANDIRI lewat SMS Banking, mBanking atau iBanking Mandiri.

Nomor BPJS

Kemudian pada transaksi bayar BPJS lewat Mandiri Online juga wajib memasukkan nomor pengguna yang tertera pada kartu BPJS. Jadi, siapkan kartu tersebut atau mencatat nomor pada Note sebelum melakukan transaksi.

Koneksi Internet

Terakhir, untuk mengakses aplikasi Mandiri Online perangkat yang digunakan wajib sudah terkoneksi internet. Jika tidak, maka layanan tersebut tidak bisa digunakan untuk melakukan transaksi apapun, termasuk bayar premi BPJS Kesehatan.

Cara Bayar BPJS Lewat Mandiri Online

Cara Bayar BPJS Lewat Mandiri Online

Waktu yang dibutuhkan: 3 menit.

Dengan adanya layanan Mandiri Online tentu sangat memudahkan kalian para nasabah Mandiri yang menjadi pengguna BPJS Kesehatan. Jika sebelumnya BAYAR BPJS KESEHATAN hanya bisa dilakukan lewat ATM atau datang langsung ke Kantor BPJS setempat, sekarang kalian bisa melakukannya dengan cara lebih praktis tanpa harus keluar rumah. Sampai disini mungkin kalian sudah bertanya-tanya mengenai cara bayar BPJS lewat Mandiri Online. Baiklah, jika demikian langsung saja simak tutorial lengkapnya dibawah ini :

  1. Jalankan Mandiri Online

    Silahkan buka aplikasi Mandiri Online di smartphone.Jalankan Mandiri Online

  2. Masukkan UserID & Password

    Setelah itu lengkapi kolom UserID dan Password lalu tap Login.Masukkan UserID Password

  3. Tap Menu Bayar

    Pada tampilan berikutnya silahkan tap menu Bayar -> Buat Pembayaran Baru.Tap Menu Bayar 1

  4. Pilih Asuransi

    Kemudian akan muncul berbagai menu pembayaran, langsung saja pilih Asuransi.Pilih Asuransi

  5. Tentukan Penyedia Jasa

    Selanjut klik kolom Penyedia Jasa lalu ketikkan BPJS di kolom pencarian. Pada hasil yang muncul, silahkan pilih BPJS Kesehatan Keluarga.
    Tentukan Penyedia Jasa 1

  6. Masukkan Nomor BPJS

    Pada kolom Masukkan No.VA silahkan ketik kode perusahaan + nomor kartu. (dua angka 0 di depannya jangan dimasukkan). Misal nomor kartu BPJS kalian adalah 0001234512345, maka yang perlu dimasukkan hanya 01234512345 saja.

  7. Buat Nama Pembayaran

    Setelah itu buat nama pembayaran (bebas) sebagai contoh disini kami menggunakan nama pembayaran BPJS.
    Buat Nama Pembayaran

  8. Input Periode Pembayaran

    Selanjutnya input periode iuran yang akan di bayarkan. Apabila ingin bayar iuran BPJS satu bulan maka tulis angka 1. Jika sudah, klik Lanjut.
    Input Periode Pembayaran

  9. Periksa Data Transaksi

    Kemudian di layar smartphone akan muncul data transaksi yang terdiri dari nama pengguna, penyedia jasa, jumlah periode dan jenis kelas BPJS yang digunakan. Pastikan semuanya sudah sesuai, lalu scroll kebawah dan pilih Konfirmasi.
    Periksa Data Transaksi

  10. Input MPIN Mandiri Online

    Masukkan 6 digit kode keamanan (MPIN) Mandiri Online untuk menyelesaikan transaksi.Input MPIN Mandiri Online 1

  11. Transaksi Berhasil

    Terakhir, kalian bisa melakukan screenshot atau klik ikon download pada tampilan bukti pembayaran BPJS lewat Mandiri Online. Selesai.
    Transaksi Berhasil 1

Biaya Adamin Pembayaran BPJS via Mandiri Online

Biaya Adamin Pembayaran BPJS via Mandiri Online

Setelah mengetahui cara bayar BPJS Kesehatan lewat Mandiri Online, tentu kalian juga penasaran apakah transaksi diatas berlaku biaya admin. Nah, perlu diketahui bahwa pihak Mandiri tidak membebankan biaya admin dalam bentuk apapun pada transaksi pembayaran premi BPJS lewat Mandiri Online.

Kebijakan serupa juga berlaku untuk PEMBAYARAN BPJS KETENAGAKERJAAN dan Badan Usaha lewat Mandiri Online. Hal ini menjadi salah satu keuntungan Mandiri Online untuk melakukan pembayaran premi BPJS. Selain itu, prosesnya juga sangat mudah, tidak sampai 5 menit.

Batas Waktu Pembayaran Premi BPJS Per Bulan

Batas Waktu Pembayaran Premi BPJS Per Bulan

Kemudian wajib diketahui oleh kalian semua para pengguna BPJS Kesehatan bahwa layanan ini memiliki batas waktu pembayaran. Dalam hal ini pihak BPJS mewajibkan semua pengguna untuk membayarkan premi sebelum tanggal 10 setiap bulannya. Apabila melanggar batas waktu yang ditentukan maka pengguna akan menerima sanksi sesuai ketentuan yang berlaku.

Denda Keterlambatan Bayar Iuran BPJS

Denda Keterlambatan Bayar Iuran BPJS

Lalu apa sih sanksi atau denda keterlambatan yang berlaku jika telat bayar BPJS? Ada dua jenis sanksi, pertama adalah status kepesertaan BPJS akan di non-aktifkan sejak tanggal 1 pada bulan berikutnya. Kemudian jika pengguna segera melunasi tunggakan iuran, maka layanan BPJS akan diaktifkan kembali. Namun dalam kurun waktu 45 hari terhitung sejak layanan diaktifkan, pengguna menggunakan fasilitas BPJS Kesehatan untuk rawat inap, maka pengguna harus membayar denda sebesar 2,5% dari tarif diagnosa awal.

Akhir Kata

Jadi seperti itulah informasi dari Bankir.id mengenai cara bayar BPJS lewat Mandiri Online. Selain itu, kami juga menjelaskan beberapa ketentuan terkait transaksi tersebut, diantaranya biaya admin, tanggal jatuh tempo hingga sanksi keterlambatan. Baiklah, cukup sekian pembahasan kali ini dan semoga bermanfaat bagi kalian semua para peserta BPJS Kesehatan untuk bayar iuran dengan cara lebih praktis dan tepat waktu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here