10 Cara Aktivasi Token BNI Tanpa Harus ke Bank

Cara Aktivasi Token BNI – Bank BNI sekarang menyediakan layanan e-Banking bagi nasabahnya, antara lain SMS Banking, mBanking dan Internet Banking. Nah, agar bisa menggunakan fasilitas tersebut kalian perlu melakukan registrasi terlebih dahulu.

Proses registrasi layanan e-Banking BNI bisa dilkukan melalui kantor cabang Bank BNI terdekat. Hadirnya fasilitas tersebut tentu memudahkan setiap nasabah dalam melakukan transaksi, mulai dari cek saldo, transfer antar rekening hingga pembayaran virtual account.

Kemudian setiap layanan e-Banking BNI yang kalian miliki tentu wajib dilengkapi dengan sistem keamanan. Nah, berbicara soal keamanan, BNI menawarkan fitru khusus bernama Token BNI. Fitur ini memiliki peran penting untuk menjaga kerahasiaan PIN hingga isi saldo di dalam rekening BNI kalian.

Advertisements

Kami yakin banyak dari kalian yang belum tahu apa itu Token BNI. Oleh karena itu, melalui artikel berikut kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai fitur tersebut, mulai dari definisi hingga cara aktivasi Token BNI. Jadi, simak terus artikel ini dengan seksama.

Ini Dia Cara Aktivasi Token BNI Tanpa Harus ke Bank : Manfaat & Cara Menggunakan

Ini Dia Cara Aktivasi Token BNI Tanpa Harus ke Bank Manfaat Cara Menggunakan

Lalu apakah proses aktivasi Token BNI bisa dilakukan secara Online ? Atau harus tetap datang ke kantor cabang seperti cara aktivasi layanan e-Banking ? Silahkan simak jawaban selengkapnya mengenai cara aktivasi, manfaat hingga apa itu sebenarnya Token BNI dibawah ini.

Apa Itu Token BNI ?

Apa Itu Token BNI

BNI Token merupakan salah satu fitur dari Bank BNI untuk otentifikasi transaksi nasabah melalui perangkat khusus berupa benda kecil seperti kalkulator. Dalam arti lain, BNI Token merupakan remote kecil untuk kemanan tambahan saat bertransaksi melalui e-Banking.

Cara Aktivasi Token BNI

Cara Aktivasi Token BNI

Kemudian untuk mendapatkan fasilitas BNI Token nasabah perlu melakukan pemesanan. Nah, untuk cara pemesanannya silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini :

  1. Silahkan Login ke situs Internet Banking BNI lewat browser PC, laptop atau smartphone.
  2. Kemudian pilih menu Administrasi -> Registrasi BNI e-Secure.
  3. Catat atau salin di Notepad nomor pemesanan Token BNI yang tertera di layar.
  4. Tentukan area dan kantor cabang Bank BNI terdekat sebagai lokasi pengambilan fisik BNI Token.
  5. Setelah kurang lebih 10 hari silahkan kunjungi Bank BNI yang telah kalian pilih sebagai pengambilan fisik sekaligus aktivasi BNI e-Secure.
  6. Disana kalian akan dibimbing oleh petugas oleh petugas mengenai cara aktivasi hingga cara penggunaan fitur tersebut.

NB : Proses pengambilan Token BNI memang hanya bisa dilakukan dengan cara datang ke kantor cabang Bank BNI. Namun untuk proses registrasi bisa kalian lakukan tanpa harus pergi ke Bank, cukup lewat perangkat seperti PC, laptop atau smartphone.

Cara Menggunakan Fasilitas Token BNI

Cara Menggunakan Fasilitas Token BNI

Setelah proses aktivasi dan menerima perangkat Token BNI, sekarang kalian sudah bisa menggunakannya saat transkasi lewat eBanking. Seperti apa sih cara menggunkan fasilitas tersebut ? Simak penjelasannya berikut ini :

  1. Pastikan perangkat Token BNI (BNI e-Secure) telah di aktivasi.
  2. Selanjuntya hidupkan alat tersebut.
  3. Login ke layanan Internet Banking BNI untuk melakukan transaksi.
  4. Lakukan tahap demi tahap sesuai jenis transaksi yang dilakukan.
  5. Setelah sampai pada tampilan BNI e-Secure Challenge, salin kode yang tertera di layar ke perangkat Token BNI.
  6. Nantinya Token BNI akan mengubah kode e-Secure Challenge menjadi PIN Dinamis.
  7. Masukkan kode PIN Dinamis pada kolom BNI e-Secure Reponse.
  8. Ikuti instruksi selanjutnya untuk menyelesaikan transaksi.

Manfaat Token BNI Bagi Nasabah

Manfaat Token BNI Bagi Nasabah

Sampai disini pasti kalian masih bertanya-tanya mengenai apa sih manfaat dari penggunaan Token BNI ? Jadi, perangkat ini akan memberikan sistem keamanan ganda setiap kali melakukan transaksi lewat Internet Banking BNI. Dengan adanya perangkat BNI e-Secure, transaksi kalian akan lebih aman dari pihak-pihak tidak bertanggung jawab yang siap meretas sistem keamanan dan mencuri saldo di rekening BNI kalian.

FAQ

Apa Itu Token BNI ?

Merupakan sebuah perangkat kecil yang berperan sebagai sistem keamanan ganda pada setiap transaksi melalui eBanking BNI.

Bagaimana Cara Aktivasi Token BNI ?

Kalian bisa melakukannya secara Online lewat situs Internet Banking BNI dan mengikuti langkah-langkah seperti yang kami sajikan diatas.

Berapa Biaya Layanan BNI e-Secure ?

Rp.20.000 untuk transaksi diatas 100 juta rupiah. Sedangkan untuk transaksi dibawah 100 juta rupiah dikenai biaya Rp. 40.000. Khusus untuk transaksi dibawah 100 juta rupiah lewat perangkat iOS hanya dikenai tarif Rp. 20.000 / transaksi.

Bagaimana Jika Token BNI Hilang / Rusak ?

Silahkan kunjungi kantor cabang Bank BNI terdekat unutk proses pembuatan Token BNI yang baru dan membayar biaya penanganan sebesar Rp. 120.000.

Sama seperti TOKEN MANDIRI, untuk mendapatkan fisik atau perangkan Token BNI kalian juga perlu datang ke kantor cabang Bank BNI terdekat. Sedangkan untuk proses pendaftaran atau pemesananannya bisa dilakukan via Online melalui situs resmi Bank BNI. Kemudian pada ulasan diatas Bankir.id juga menjelaskan sedikit mengenai tata cara menggunakan Token BNI, namun alangkah baiknya kalian tanyakan informasi selengkapnya pada petugas Bank BNI saat proses aktivasi dan pengambilan perangkat.