Bunga Tarik Tunai Kartu Kredit BRI Mastercard & Visa

Bunga Tarik Tunai Kartu Kredit BRI – Bank BRI sebagai penerbit kartu kredit menghadirkan fitur tarik tunai untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan para pengguna kartu kredit BRI yang membutuhkan dana cepat. Namun, hal yang perlu dipertimbangkan dalam melakukan transaksi tarik tunai menggunakan kartu kredit yaitu besaran bunga.

Bunga tarik tunai kartu kredit BRI perlu dipertimbangkan, agar tidak menjadi boomerang finansial di masa mendatang. Sebenarnya, transaksi tarik tunai menggunakan kartu kredit tidak dianjurkan, namun jika anda melakukannya dengan perhitungan yang matang, maka hal tersebut sah-sah saja untuk anda lakukan.

Dalam hal transaksi tarik tunai, selain bunga. Hal yang perlu diperhatikan lainnya yaitu perihal biaya. Pasalnya bunga dan biaya tarik tunai akan mempengaruhi besaran utang yang harus dibayar. Meskipun begitu, tarik tunai kartu kredit masih bisa anda lakukan, apabila anda sudah memperhitungkan imbas atau manfaat dari tarik tunai itu sendiri.

Advertisements

Nah, bagi pengguna kartu kredit bank BRI yang belum mengetahui bunga dan biaya transaksi tarik tunai kartu kredit BRI, berikut ini bankir akan mengulas informasi tentang bunga tarik tunai kartu kredit BRI. Hal ini bisa jadi pertimbangan anda sebelum melakukan transaksi tarik tunai menggunakan kartu kredit BRI.

Suku Bunga Tarik Tunai Kartu Kredit BRI Mastercard & Visa

Suku Bunga Tarik Tunai Kartu Kredit BRI Mastercard Visa

Saat anda benar-benar membutuhkan dana darurat, maka tidak ada salahnya melakukan tarik tunai menggunakan kartu kredit BRI. Namun, sebelum melakukan transaksi tarik tunai, pastikan anda mengetahui bunga yang harus anda bayarkan saat membayar tagihan kartu kredit BRI. Adapun bunga dan biaya yang perlu menjadi bahan pertimbangan sebelum melakukan transaksi tarik tunai yaitu sebagai berikut.

Ketentuan Tarik Tunai Credit Card BRI

1. Bunga dan Biaya Tarik Tunai

Bunga dan Biaya Tarik Tunai

Setiap transaksi tarik tunai yang dilakukan dengan menggunakan kartu kredit, maka akan langsung dikenai bunga dan biaya penarikan oleh pihak bank BRI. Suku bunga tarik tunai untuk nasabah umumnya sama dengan bunga ritel dan dihitung secara harian. Sekarang ini, pihak bank telah menetapkan besaran suku bunga maksimal sebesar 2,95% per bulan atau sekitar 35,4% per tahun.

Sedangkan, untuk biaya tarik tunai kartu kredit cukup bervariasi, tergantung ketentuan pihak bank BRI itu sendiri. Untuk saat ini biaya tarik tunai yang umum diberlakukan oleh pihak bank yaitu minimal sebesar 50 ribu atau 4% dari jumlah penarikan. Jumlah tersebut terbilang cukup besar dan memberatkan.

2. Batas Nilai Tarik Tunai

Batas Nilai Tarik Tunai

Hal lainnya yang perlu dipertimbangkan sebelum melakukan penarikan tunai yaitu pastikan limit kredit anda mencukupi dan sesuai dengan kebutuhan keuangan. Hal ini perlu diperhatikan, mengingat setiap melakukan penarikan akan dikenai biaya minimal 50 ribu. Hal ini bisa menjadi acuan anda dalam menentukan jumlah penarikan tunai.

Batas penarikan tunai yang diberikan bank sendiri yaitu sekitar 40-60% dari limit kredit yang diberikan. Dengan adanya pembatasan tarik tunai, maka anda akan terhindar dari moral hazard atau risiko moral memakai kartu kredit untuk tarik tunai dalam jumlah besar.

3. Perhitungan Bunga dan Biaya Tarik Tunai

Perhitungan Bunga dan Biaya Tarik Tunai

Dalam melakukan transaksi tarik tunai kartu kredit, jumlah bunga dan biaya tentu menjadi hal penting untuk diperhatikan. Meskipun demikian, transaksi tarik tunai menjadi solusi tepat, apabila membutuhkan sejumlah dana darurat sewaktu-waktu. Namun, hal ini mesti dilakukan dengan perhitungan yang matang, agar bunga dan biaya yang akan dikenakan tidak menjadi sebuah masalah keunganan kita.

Sebagai gambaran perhitungan awal sebelum melakukan tarik tunai untuk menentukan jumlah bunga dan biaya dari utang yang harus dibayarkan, sebagai berikut.

Contoh : 

Apabila anda melakukan transaksi tarik tunai sejumlah 10 juta, dengan biaya penarikan sebesar 4% dan bunga sebesar 2,95% perbulan. Lantas berapakah uatang yang harus dibayar ?

Perhitungan :

JUmlah dana yang ditarik : Rp 10.000.000

Biaya : Rp 10.000.000 x 4% = Rp 400.000

Bunga : 2,95% per bulan.

Total utang yang harus dibayar : Rp 10.000.000 + Rp 400.000 = Rp. 10.400.000

Apabila utang dibayar lunas

Maka anda harus membayar tagihan kartu kredit sebesar Rp 10.400.000

Sedangkan bila utang hanya dibayar 10%

Pembayaran : Rp 10.400.000 x 10% = Rp 1.040.000

Maka, sisa utang kartu kredit anda Rp 10.400.000 – Rp 1.040.000 = Rp 9.360.000

Jadi, jumlah tagihan di bulan selanjutnya, apabila tidak ada transaksi baru menggunakan kartu kredit yaitu sebagai berikut.

Bunga utang : Rp 9.360.000 x 2,95% = Rp 277.056

Total utang : Rp 9.360.000 + Rp 277.056 = Rp 9.637.056

Jumlah utang tersebut tentu cukup besar, pasalnya bunga yang akan dikenakan akan mempengaruhi besaran utang yang harus dibayar. Hal tersebut akan berlanjut ke bulan bulan berikutnya, sebelum melakukan pelunasan. Dengan hal ini, bisa menjadi acuan mengapa tarik tunai harus dilakukan dengan perhitungan yang matang.

Melihat perhitungan di atas, akan lebih baik anda membayar lunas utang kartu kredit anda. Cara bayar kartu kredit BRI sendiri, dapat dilakukan melalui ATM atau melalui Internet Banking BRI.

4. Gunakan Jika Hanya Manfaatnya Maksimal

Gunakan Jika Hanya Manfaatnya Maksimal

Transaksi tarik tunai menggunakan kartu kredit, akan membuat sejumlah tanggungan bunga dan biaya yang cukup besar. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa transaksi tarik tunai untuk tidak disarankan dilakukan, jika tidak dilakukan dengan perhitungan yang matang. Selain itu, pastikan anda benar-benar sangat membutuhkan sejumlah dana secara cepat. Silahkan lakukan penarikan tunai, jika memang itu akan memberikan manfaat yang maksimal dan sangat membantu keuangan anda.

Nah, apabila perhitungan sudah matang dan anda benar-benar membutuhkan dana cepat, maka barulah anda bisa melakukan transaksi tarik tunai kartu kredit. Namun, bila belum mengetahui caranya tarik tunai dengan kartu kredit, silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Cara Tarik Tunai Kartu Kredit BRI

Cara Tarik Tunai Kartu Kredit BRI

Bagi anda pengguna kartu kredit BRI yang belum tahu caranya tarik tunai kartu kredit, silahkan lakukan caranya seperti di bawah ini.

  • Pastikan anda telah mengaktifkan kartu kredit BRI. Apabila belum, silahkan lakukan aktivasi kartu dengan menghubungi layanan Contact BRI 14017 atau 1500017.
  • Pastikan juga, kartu kredit BRI anda sudah memiliki PIN. Apabila belum atau lupa, silahkan kirim permintaan PIN via SMS dengan cara sebagai berikut.

PIN<spasi>KK<spasi>6 Digit Pertama Nomor Kartu Kredit BRI#4 Digit Terakhir Nomor Kartu Kredit#Tanggal Lahir Pemegang Kartu Utama. Kirim ke 3300

Contoh :

PIN KK 543126#6789#17081995 (kirim ke 3300)

  • Silahkan kunjungi ATM BRI tarik tunai berlogo Mastercard atau VISA.
  • Lalu, masukkan kartu kredit dan PIN anda.
  • Pilih nominal yang sudah anda tentukan.
  • Maksimal dana yang ditarik dalam 1 kali transaksi tergantung jumlah tarik tunai yang dapat dilakukan mesin ATM.
  • Jika jumlah dana yang anda tarik melebihi batas maksimum dari 1 kali tarik tunai, maka silahkan lakukan transaksi tarik tunai kembali.

Itulah informasi seputar bunga tarik tunai kartu kredit BRI yang dapat bankir.id sajikan untuk anda. Pastikan anda melakukan transaksi tarik tunai menggunakan kartu kredit dengan perhitungan yang matang dan manfaat yang maksimal. Demikian, semoga bermanfaat.