√ Buku Tabungan BRI Hilang 2021 : Resiko & Cara Mengurus

Buku Tabungan BRI Hilang – Selain kartu ATM, pada saat membuka rekening di Bank BRI kalian juga bakal mendapatkan fasilitas lain berupa buku tabungan. Bank BRI sendiri memberikan tabungan sesuai dengan jenis rekening yang digunakan, seperti Simpel, Simpedes, BRItama dan lain sebagainya.

Sebagian orang saat ini tidak terlalu memperdulikan buka tabungan, karena memang segala transaksi sekarang bisa dilakukan lebih mudah melalui ATM, Mobile Banking, iBanking dan SMS Banking BRI. Namun bagaimana pun juga, buka tabungan BRI tetap memiliki peran penting bagi nasabah.

Oleh karena itu ketika buka tabungan BRI hilang, kami sarankan untuk segera mengurusnya. Sebab, jika tidak segera diurus, hal tersebut bisa menimbulkan bahaya bagi kalian sebagai nasabah. Jika demikian, apa sih dampak buruk dari hilangnya buku tabungan BRI?

Sebelum kami jelaskan lebih lanjut, perlu diketahui bahwa untuk mengurus buka tabungan yang hilang kalian wajib datang ke Kantor Cabang Bank BRI. Lalu apakah ada biaya untuk mengurus masalah tersebut? apa saja syarat yang diperlukan untuk menangani buku rekening BRI hilang? Baiklah, tanpa perlu berlama-lama langsung saja simak penjelasannya dibawah ini.

Buku Tabungan BRI Hilang

Buku Tabungan BRI Hilang

Buku tabungan BRI merupakan salah satu fasilitas wajib yang diperoleh nasabah setelah proses buka rekening. Fasilitas tersebut berisi data pemilik rekening, mulai dari nama, alamat rumah, alamat Kantor Cabang pembuatan rekening. Bahkan melalui buku tabungan nasabah bisa mengetahui nomor rekening yang dimiliki.

Kemudian buku tabungan juga menjadi syarat utama ketika ingin melakukan CETAK REKENING KORAN BRI melalui Kantor Cabang. Selain itu, buku tabungan BRI juga memiliki peran penting untuk membuka ATM BRI terblokir dan lain sebagainya.

Resiko Kehilangan Buku Tabungan BRI

Resiko Kehilangan Buku Tabungan BRI

Sebagai nasabah BRI, sekarang kalian sudah tahu mengenai pentingnya buku tabungan. Dalam arti lain, jika fasilitas tersebut hilang maka secara otomatis kalian tidak bisa mencetak rekening koran hingga mengatasi ATM BRI yang terblokir karena lupa PIN.

Bukan hanya itu, ketika buku rekening BRI hilang juga bisa membahayakan isi tabungan BRI yang dimiliki. Kita tidak tahu, saat kehilangan buku tabungan ternyata ada oknum-oknum tidak bertanggung jawab yang menemukan lalu menyalahgunakan fasilitas tersebut.

Perlu diketahui bahwa orang-orang seperti itu bisa mencari cara apa saja untuk menguras saldo melalui buku tabungan. Intinya, jangan pernah menganggap remeh saat buku tabungan BRI hilang supaya terhindar dari segala hal yang tidak diinginkan.

Cara Mengurus Buku Rekening BRI Hilang

Cara Mengurus Buku Rekening BRI Hilang

Setelah mengetahui fungsi hingga bahaya kehilangan buku tabungan BRI, sekarang saatnya mencari tahu solusi ketika mengalami masalah diatas. Sebelum itu, kalian perlu menyiapkan persyaratannya terlebih dahulu, antara lain adalah :

  • KTP
  • Kartu ATM BRI
  • Nomor HP

Setelah semua sudah siap, sekarang silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini :

1. Hubungi Call Center BRI

Pertama-tama, silahkan hubungi Call Center BRI di nomor 14017 atau (021) 1500 017. Jika sudah tersambung, sampaikan pada petugas bahwa kalian ingin memblokir rekening BRI karena buku tabungan hilang. Selanjutnya petugas akan melakukan pemblokiran rekening sesuai permintaan kalian.

2. Buatlah Surat Kehilangan

Jika sudah, sekarang datangi kantor polisi terdekat untuk membuat Surat Kehilangan. Jelaskan juga mengenai kronologi hilangnya buku tabungan dengan jelas.

3. Kunjungi Kantor Cabang Bank BRI

Setelah berhasil memiliki Surat Kehilangan dari kepolisian setempat, sekarang datanglah ke Kantor Cabang Bank BRI terdekat. Sesampainya disana ambillah nomor antrian Customer Service dan tunggu hingga tiba giliran.

4. Jelaskan Maksud & Tujuan

Jika sudah, temui petugas dan jelaskan maksud dan tujuan, yaitu ingin mengurus buku tabungan BRI yang hilang. Serahkan berkas persyaratan mulai dari kartu ATM, KTP hingga Surat Kehilangan yang sudah dibuat sebelumnya.

5. Ikuti Instruksi Petugas

Tunggu beberapa saat, petugas akan melakukan verifikasi data. Setelah itu, kalian tinggal mengikuti instruksi dari petugas untuk mengisi data buku tabungan baru.

6. Proses Pengambilan Buku Tabungan BRI

Kemudian petugas akan memandu kalian untuk melunasi biaya pembuatan buku tabungan BRI baru. Terakhir, kalian sudah bisa pulang dengan membawa buku tabungan BRI yang baru.

Biaya Pembuatan Buku Tabungan BRI Baru

Biaya Pembuatan Buku Tabungan BRI Baru

Diatas kalian juga sempat menanyakan soal biaya mengurus buku rekening BRI yang hilang. Jika demikian, berapakah budget yang harus disiapkan apabila suatu saat menjumpai permasalahan serupa? Jadi, dalam hal ini Bank BRI menerapkan biaya sebesar Rp. 25.000 untuk nasabah Simpedes. Sedangkan untuk pengguna rekening BRItama ada biaya sebesar Rp. 50.000 untuk untuk ganti buku tabungan karena hilang, rusak atau sudah habis.

Akhir Kata

Demikianlah informasi dari Bankir.id mengenai cara mengatasi buku tabungan BRI hilang. Diatas kami juga menjelaskan terkait resiko atau bahaya yang dapat diterima jika membiarkan buku rekening BRI hilang tanpa mau mengurusnya. Kemudian kami ingatkan sekali lagi, untuk mengurus masalah ini kalian wajib sedia uang senilai Rp. 25.000 hingga Rp. 50.000 sebagai biaya ganti buku tabungan BRI hilang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here