BCA Mobile Tidak Bisa Dibuka ? Seperti Ini Cara Mengatasinya

BCA Mobile Tidak Bisa Dibuka – Sebagai nasabah BCA, tentu banyak dari kalian yang sudah mengaktifkan layanan BCA Mobile. Ya, dengan adanya layanan tersebut segala transaksi di rekening BCA menjadi lebih mudah dan praktis tanpa harus keluar rumah.

BCA Mobile sendiri mendukung banyak fitur transaksi, mulai dari cek saldo, transfer, bayar tagihan, Top Up eWallet hingga mengetahui data mutasi rekening BCA. Namun perlu diketahui juga bahwa layanan BCA Mobile tidak luput dari yang namanya masalah.

Baru-baru ini kami menerima pertanyaan dari beberapa pengguna BCA Mobile mengenai kenapa layanan tersebut tidak bisa dibuka. Sebenarnya kendala berupa BCA Mobile tidak bisa dibuka bukanlah hal baru, dari dulu banyak pengguna yang mengalami masalah serupa.

Meskipun demikian, mungkin beberapa dari kalian ada ada yang belum tahu bagaimana cara mengatasi masalah tersebut. Oleh karena itu, melalui artikel berikut kami telah menyiapkan penjelasan seputar penyebab hingga cara mengatasi BCA Mobile tidak bisa dibuka.

BCA Mobile Tidak Bisa Dibuka

BCA Mobile Tidak Bisa Dibuka

Seperti kami singgung diatas bahwa hadirnya layanan BCA Mobile sangat memudahkan nasabah dalam melakukan berbagai macam transaksi. Dengan demikian, ketika BCA Mobile tidak bisa diakses tentu banyak pengguna yang mengeluhkan kendala tersebut.

Saat layanan ini tidak bisa diakses otomatis kalian harus pergi ke ATM BCA untuk melakukan transaksi. Mungkin bagi nasabah yang sudah MENDAFTAR SMS BANKING BCA maupun KlikBCA masih bisa menikmati kenyamanan transaksi tanpa harus keluar rumah.

Lalu apa yang harus dilakukan ketika mendapati masalah BCA Mobile tidak bisa dibuka? Pertama-tama kalian harus mencari tahu sumber masalahnya terlebih dahulu. Jika sudah menemukan penyebabnya, baru kemudian mencari tahu bagaimana cara mengatasinya.

Penyebab BCA Mobile Tidak Bisa Diakses

Penyebab BCA Mobile Tidak Bisa Diakses

Ketika layanan Mobile Banking BCA tidak bisa diakses pastinya seluruh aktivitas di layanan tersebut tidak bisa digunakan. Nah, jika kalian sedang mengalami masalah serupa, kemungkinan besar hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor sebagai berikut :

1. Nomor HP Terdaftar Tidak Berada di Slot SIM Card Utama

Pertama, nomor HP yang digunakan untuk MENDAFTAR BCA MOBILE tidak berada di Slot SIM Card utama. Biasanya jika nomor HP terkait berada di Slot SIM Card kedua akan muncul notifikasi error ” 101 – SIM Card yang digunakan tidak sesuai “

2. Aplikasi BCA Mobile Belum di Update

Kedua, BCA Mobile tidak bisa dibuka juga dapat disebabkan oleh aplikasi tersebut belum di update atau diperbarui. Jika demikian, maka aplikasi BCA Mobile rentan mengalami Bug, salah satunya adalah tidak bisa dibuka.

3. Aplikasi BCA Mobile Mengalami Gangguan

Ketiga, masalah diatas juga bisa terjadi karena aplikasi BCA Mobile sedang mengalami gangguan. Faktor ini memang tidak bisa di prediksi, dimana untuk dampak yang ditimbulkan seperti BCA MOBILE TIDAK BISA VERIFIKASI, gagal melakukan transaksi hingga sama sekali tidak bisa dibuka.

4. File Cache Aplikasi Menumpuk

Keempat, ketika file Cache dari aplikasi BCA Mobile menumpuk juga bisa menjadi penyebab layanan tersebut tidak bisa dibuka. Hampir sama seperti ketika aplikasi belum di update, faktor ini juga kerap mengundang beberapa Bug bahkan virus pada kinerja BCA Mobile.

5. Koneksi Internet Tidak Stabil

Kelima, saat smartphone kalian menggunakan Wifi untuk mengakses BCA Mobile biasanya koneksi yang dihadirkan tidak stabil. Penting diketahui bahwa BCA Mobile tidak membutuhkan koneksi yang cepat, melainkan koneksi internet yang stabil dalam pengoperasian nya.

6. OS Smartphone Tidak Memadai

Sedangkan penyebab terakhir untuk masalah BCA Mobile tidak bisa dibuka adalah OS (Operation System) dari smartphone kalian tidak memadai dengan aplikasi BCA Mobile. Mungkin sebelumnya kalian lancar-lancar saja mengakses layanan tersebut, akan tetapi setelah dilakukan pembaruan ke versi terbaru, layanan tersebut tidak bisa dibuka.

Cara Mengatasi BCA Mobile Tidak Bisa Digunakan

Cara Mengatasi BCA Mobile Tidak Bisa Digunakan

Setelah menyimak beberapa penyebab BCA Mobile tidak bisa diakses, sekarang saatnya mengetahui bagaimana cara mengatasinya. Berikut telah kami siapkan beberapa solusi dari masalah diatas sesuai dengan penyebab yang dimiliki :

1. Pindah Nomor HP ke Slot SIM Card Utama

Cara pertama adalah mengganti letak nomor HP dari SIM Card 2 ke slot SIM Card utama. Jika sudah, kalian bisa melakukan restart smartphone lalu coba buka kembali aplikasi BCA Mobile. Biasanya cara ini cukup efektif untuk mengatasi masalah BCA Mobile gagal Login.

2. Perbarui Aplikasi BCA Mobile

Cara kedua yaitu melakukan update atau memperbarui aplikasi BCA Mobile ke versi terbaru. Proses ini bisa dilakukan melalui Google Play Store bagi para pengguna Android. Sedangkan untuk pengguna iOS, update BCA Mobile tersedia di App Store.

3. Restart Smartphone

Cara ketiga adalah memulai ulang smartphone jika masalah diatas ditengarai oleh adanya gangguan sistem dari aplikasi BCA Mobile itu sendiri. Meskipun cara ini tidak 100% berhasil, akan tetapi patut kalian coba. Sebab, kami pernah melakukannya ketika mendapati masalah serupa dan hasilnya berhasil.

4. Bersihkan File Cache Aplikasi

Cara keempat adalah membersihkan semua File Cache dari aplikasi BCA Mobile melalui menu Pengaturan di smartphone. Berikut adalah tutorial hapus File Cache di HP Xiaomi :

  • Buka menu Pengaturan
  • Pilih Apl
  • Pilih Kelola Aplikasi
  • Cari aplikasi BCA Mobile
  • Ketuk Hapus Data -> Bersihkan Cache
  • Selesai

Bagi pengguna HP merk lain, kalian bisa menyesuaikan langkah-langkah hapus Cache di menu Setelan.

5. Gunakan Data Seluler 4G Lte

Cara kelima adalah mengganti koneksi internet yang digunakan pada smartphone dengan koneksi data seluler 4G Lte. Jika sebelumnya smartphone kalian terhubung ke Wifi, coba untuk menggantinya dengan data seluler 4G Lte. Dengan cara ini, maka koneksi internet yang dihadirkan bisa lebih stabil, sehingga BCA Mobile bisa digunakan kembali dengan lancar.

6. Upgrade Sistem Operasi di Smartphone

Cara terakhir untuk mengatasi BCA Mobile tidak bisa dibuka adalah melakukan upgrade Sistem Operasi pada smartphone. Cara ini berguna agar BCA Mobile versi terbaru bisa kompatibel dengan perangkat yang digunakan. Namun jika OS yang terpasang sudah tidak bisa di upgrade lagi, maka mau tidak mau kalian harus mengganti smartphone baru yang sudah mendukung Sistem Operasi paling anyar.

Akhir Kata

Demikianlah informasi dari Bankir.id mengenai beberapa penyebab BCA Mobile tidak bisa dibuka. Selain itu, kami juga menjelaskan beberapa cara yang bisa diterapkan untuk mengatasi Mobile Banking BCA tidak bisa dibuka. Semoga dengan adanya informasi diatas, kalian para pengguna BCA Mobile tidak perlu panik lagi ketika mendapati masalah BCA Mobile tidak bisa dibuka.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here