BCA Mobile Error 209 Hari Ini ? Berikut 8 Penyebab & Cara Mengatasi

Advertisements

BCA Mobile Error 209 – Dengan menjadinya nasabah BCA, tentu saja sudah diingatkan untuk mengaktifkan layanan Mobile Banking agar dalam proses transaksi semakin termudahkan. Karena seperti diketahui sendiri jika banyak transaksi yang bisa dilakukan lewat m Banking BCA.

Layanan Mobile Banking bank BCA sendiri ialah m-BCA yang dapat diakses melalui aplikasi BCA Mobile. Namun, guna bisa menggunakan BCA Mobile lebih baik Anda terlebih dahulu harus sudah melakukan registrasi di mesin ATM atau datang langsung ke kantor cabang bank BCA terdekat.

Setelah registrasi tersebut berhasil dan memiliki akses untuk login, maka transaksi sudah dapat dilakukan. Transaksi yang dimaksud sendiri cukup banyak seperti cek saldo, transfer, top up, pembayaran, beli pulsa, cek riwayat transaksi dan masih banyak lainnya hanya lewat smartphone.

Advertisements

Hanya saja dalam penggunaan BCA Mobile, para nasabah tidak semua bisa berjalan lancar adakalanya saat menggunakan BCA Mobile akan alami kegagalan transaksi. Biasanya BCA Mobile error 205, BCA Mobile error 209, BCA Mobile error 101 dan lainnya, setiap kode error memiliki arti berbeda.

BCA Mobile Error 209
Advertisements

BCA Mobile Error 209

Dengan demikian, pada kesempatan kali ini kami bankir.id akan sajikan salah satu informasi mengenai BCA Mobile error 209 lengkap dengan informasi penyebab dan cara mengatasinya. Guna lebih jelas mengenai itu semua, maka silakan simak pembahasan di bawah ini sampai akhir.

Penyebab BCA Mobile Error 209

Bagi para nasabah BCA yang menggunakan layanan BCA Mobile kemudian alami kendala error dengan munculnya keterangan “209 – Unable to authenticate your identity” tentu saja akan bertanya-tanya apa yang terjadi dan bagaimana harus mengatasinya agar BCA Mobile bisa kembali digunakan.

Advertisements

Berbicara munculnya kode error “209 – Unable to authenticate your identity” saat membuka layanan BCA Mobile memiliki arti jika layanan membutuhkan langkah verifikasi ulang. Ini akan terjadi saat nasabah ganti nomor telepon atau ganti perangkat maka diperlukan verifikasi ulang.

Tentu saja bagi sebagian pengguna BCA Mobile yang baru pertama kali menemui masalah error 209 pastinya akan sedikit khawatir. Namun mengenai hal itu, lebih baik pengguna BCA Mobile tidak terlalu khawatir, karena kejadian BCA Mobile error 209 ialah masalah yang mudah di atasi.

Cara Mengatasi BCA Mobile Error 209

Meskipun cara mengatasi mudah, namun bagi sebagian pengguna BCA Mobile masih banyak yang belum tahu mengenai cara mengatasi error 209 yang berarti membutuhkan verifikasi ulang. Bagi yang belum tahu atau tidak paham cara verifikasi ulang layanan BCA Mobile atau m-BCA ikuti langkah berikut:

1. Buka BCA Mobile & Klik Ikon (i)

Langkah awal silakan buka aplikasi BCA Mobile di perangkat yang digunakan, dan pastikan jika terhubung dengan koneksi internet lancar. Pada layar tampilan utama klik ikon (i) di pojok kanan atas.

1. Buka BCA Mobile Klik Ikon i

2. Klik Verifikasi Ulang

Layar akan berganti dan silakan klik pada menu “Verifikasi Ulang”.

2. Klik Verifikasi Ulang

3. Klik Bagian Simpan

Selanjutnya muncul menu tampilan baru, pada bagian ini silakan klik “Simpan”.

3. Klik Bagian Simpan

4. Masukkan 16 Digit Nomor Kartu ATM

Kemudian Anda diminta memasukkan 16 digit angka / nomor tertera di kartu ATM BCA. Jika sudah klik “OK” dan tunggu verifikasi selesai.

4. Masukkan 16 Digit Nomor Kartu ATM

5. Masukkan Kode Akses

Berikutnya Anda diminta memasukkan kode akses yang terdiri dari kombinasi angka dan huruf, lakukan dua kali. Setelah berhasil dimasukkan klik “OK”.

5. Masukkan Kode Akses

5. Verifikasi Ulang BCA Mobile Selesai

Setelah klik OK di atas, maka proses verifikasi ulang BCA Mobile sudah selesai dan berhasil. Itu tandanya BCA Mobile tidak akan memunculkan eror 209 kembali.

6. Verifikasi Ulang BCA Mobile Selesai

Kenapa Tidak Bisa Verifikasi Ulang BCA Mobile

Sayangnya dalam beberapa proses verifikasi ulang BCA Mobile, ada sebagian pengguna BCA Mobile alami kegagalan atau tidak bisa melakukan verifikasi ulang BCA Mobile. Lantas apa penyebab tidak bisa verifikasi ulang tersebut? Ini dia beberapa masalah gagal verifikasi ulang BCA Mobile.

1. Masalah Pulsa & Koneksi Internet

Tidak bisa verifikasi ulang BCA Mobile pertama bisa dikarenakan oleh masalah pulsa dan koneksi internet. Biasanya pulsa tidak cukup dan koneksi internet tidak lancar menjadi permasalahan, jadi selalu perhatikan kedua hal itu sebelum lakukan verifikasi.

2. Update Versi Aplikasi BCA Mobile

Tidak bisa verifikasi ulang BCA Mobile bisa terjadi juga karena versi aplikasi BCA mobile memiliki bug tanpa disadari. Dengan begitu silakan update aplikasi versi BCA Mobile ke versi terbaru terlebih dahulu sebelum melanjutkan verifikasi ulang.

3. Perangkat HP Xiaomi

Bagi nasabah BCA atau pengguna BCA Mobile serta menggunakan HP Xiaomi, biasanya terjadi masalah berupa menghalangi BCA Mobile saat melakukan pengiriman pesan. Dengan demikian, Anda harus mengaktifkan secara manual dahulu melalui langkah berikut:

“Pengaturan” > “Aplikasi” > “BCA mobile” > “Izin” > “Aktifkan SMS”.

4. Penggunaan Smartphone Dual SIM

Kegagalan verifikasi ulang BCA Mobile berikutnya terjadi karena pengguna smartphone atau ponsel yang menggunakan dual SIM. Dengan begitu BCA mobile gagal mengirim pesan ke server karena ada dua nomor terdaftar di ponsel. Untuk mengatasinya silakan atur jika SIM 1 ialah nomor terdaftar.

“Pengaturan” > “Kartu SIM” > “Pesan SMS” > “SIM 1”

Namun ketika masih saja gagal, maka silakan cabut SIM 2 dahulu dan lakukan verifikasi ulang. Setelah menyelesaikan verifikasi ulang BCA Mobile baru Anda memasang kembali SIM 2.

5. Tidak Memiliki Izin Aplikasi

Tidak bisa verifikasi BCA Mobile terakhir bisa dikarenakan aplikasi BCA Mobile tidak memiliki izin untuk akses sistem tertentu. Dengan begitu aplikasi BCA Mobile gagal berjalan maksimal, untuk mengatasinya silakan aktifkan perizinan.

“Pengaturan” > “Halaman Aplikasi” > “BCA Mobile” > “Ceklis Izin”

Jika dengan mengatasi error 209 di atas tetap saja alami masalah, maka Anda bisa hubungi pihak BCA melalui beberapa layanan tersedia untuk meminta bantuan. Anda bisa hubungi halo BCA di 1500 888 atau mention lewat twitter di @HaloBCA.

Akhir Kata

Seperti itu kiranya pembahasan BCA Mobile atau M Banking BCA error 209 yang dapat bankir.id sajikan lengkap dari penyebab dan cara mengatasinya. Adanya informasi terkait error 209 Mobile Banking BCA di atas semoga bisa bermanfaat, terutama pengguna yang alami masalah serupa.

Advertisements

Tinggalkan komentar