13 Bank Terbaik Di Indonesia Terbaru & Terlengkap 2021

Bank Terbaik Di Indonesia – Bank merupakan badan usaha untuk menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan disalurkan kembali sesuai kebutuhan masyarakat dengan tujuan untuk meningkatkan taraf hidup. Bank memiliki kewenangan untuk menerima simpanan uang, meminjamkan uang, menerbitkan promes dan lain sebagainya.

Di Indonesia bank dibagi menjadi 2 jenis yaitu bank milik negara dan bank milik swasta. Industri perbankan saat ini telah mengalami perkembangan, baik dalam hal aset maupun layanan. Sekarang ini, sudah banyak bank baik milik negara maupun milik swasta yang berdiri di Indonesia, mulai dari bank BRI, Mandiri, BCA, BNI, BTN, Danamon dan lain sebagainya.

Kehadiran bank, memang memberikan kemudahan kepada masyarakat Indonesia. Dimana bank-bank tersebut membantu memudahkan masyarakat dalam melakukan transaksi. Banyaknya nama-nama besar bank yang berdiri, terdapat sederet nama yang di anggap sebagai bank terbaik di Indonesia, baik milik negara maupun milik swasta.

Lantas apa saja nama bank terbaik tersebut ? nah, berikut ini bankir akan menyajikan informasi tentang sederet nama bank terbaik di Indonesia. Jadi bagi anda yang belum mengetahui tentang nama-nama bank terbaik, maka inilah saat yang paling tepat untuk mengetahuinya. Adapun informasi lebih lengkapnya, silahkan simak ulasan di bawah ini.

Bank Terbaik Di Indonesia Terbaru dan Terlengkap

Bank Terbaik Di Indonesia Terbaru dan Terlengkap

Bagi setiap orang, kehadiran bank sangat membantu berbagai macam hal yang berkaitan dengan uang dan transaksi perbankan. Hal ini bisa dibuktikan dengan banyaknya orang yang menggunakan layanan bank, salah satunya yaitu ATM. Nah, bagi yang penasaran dengan bank terbaik di Indonesia, berikut informasi lebih lengkapnya.

1. Bank BRI

Bank BRI 1

Bank Rakyat Indonesia atau dikenal dengan sebutan BRI merupakan bank pemerintah terbesar di Indonesia. Bank BRI didirikan pada 16 Desember 1895 di Purwokerto, Jawa Tengah. Bank ini dinobatkan sebagai bank terbaik, pasalnya jumlah nasabahnya yang sangat banyak serta jumlah aset yang dimilikinya mencapai Rp 1.064,73 triliun. Bank BRI memiliki sejumlah produk tabungan mulai dari BRI Simpedes, Tabungan Britama, Britama Bisnis, Simpedes TKI, BRI Simpel, Tabungan Haji, Britama Rencana, Britama Valas dan BRI Junior.

2. Bank Mandiri

Bank Mandiri

Diurutan kedua ada Bank Mandiri yang merupakan bank terbesar di Indonesia. Bank Mandiri berdiri pada tanggal 2 Oktober 1998. Banyaknya nasabah dan jumlah aset yang mencapai Rp 945,62 triliun, membuat Bank Mandiri menjadi bank terbaik. Bank ini menawarkan beberapa produk unggulan, seperti ATM Mandiri, Mandiri Debit, e-Money, dan Mandiri e-Cash.

3. Bank BCA

Bank BCA 1

Bank Central Asia atau BCA merupakan bank swasta terbesar di Indonesia. Bank ini didirikan pada tanggal 21 Februari 1957. Bank BCA memiliki aset senilai Rp 745,04 triliun. Selain itu produk simpanan yang ditawarkan bank BCA meliputi Tahapan, Tahapan Gold, Tahapan Xpresi, Giro, Giro Valas, Deposito Berjangka, LAKU, TabunganKu, Tapres dan BCA Dollar. Sedangkan untuk produk bank BCA diantaranya seperti ATM BCA, Debit BCA, Tunai BCA, Flazz BCA, Klik BCA, m-BCA, SMS BCA, BCA KlikPay, BCA Mobile, myBCA, BCA By Phone dan DUITT.

4. Bank BNI

Bank BNI 1

BNI merupakan bank tertua di Indonesia. Bank ini berdiri pada tanggal 5 Juli 1946. Sebagai bank bank tertua di Indonesia, bank ini sudah memiliki banyak nasabah. Hal ini yang membuat bank ini diketegorikan sebagai bank terbaik. Selain memiliki banyak nasabah, bank BNI juga memiliki aset senilai Rp 648,57 triliun. Untuk kode bank BNI sendiri yaitu 009 serta produk-produk tabungan BNI sudah sangat banyak.

5. Bank BTN

Bank BTN 1

Bank Tabungan Negara atau BTN berdiri pada 30 November 1994 di Jakarta. Bank ini dinobatkan sebagai bank terbaik, karena memiliki pelayanan yang sangat memuaskan untuk para nasabahnya. BTN bergerak di bidang pelayanan dan aktivitas komersial. Bank BTN memiliki aset mencapai nilai Rp 258,74 triliun.

6. Bank HSBC

Bank HSBC

Selanjutnya yaitu ada HSBC atau The Hongkong and Shanghai Banking Corportion. Bank HSBC berkantor pusat di London. Bank yang satu ini menawarkan berbagai layanan seperti bisnis komersial, korporasi, perbankan ritel dan wealth management. Sedangkan untuk aset, sendiri bank ini memiliki aset tang cukup fantastis yaitu mencapai angka Rp 108,9 triliun. Hal ini membuat bank ini masuk kedalam jajaran bank terbaik saat ini.

7. Bank Panin

Bank Panin

Bank Panin merupakan salah satu bank terbesar di Indonesia dari sejumlah bank yang berdiri pada 1971. Bank ini sudah memiliki jaringan usaha lebih dari 450 unit yang tersebar di berbagai kota besar di Indonesia. Aset yang dimiliki bank Panin yaitu mencapai Rp 197,92 triliun. Bank ini menawarkan beragam produk dan layanan mulai dari tabungan, pinjaman, layanan elektronik, simpanan, layanan keuangan dan layanan international.

8. Bank OSBC NISP

Bank OSBC NISP

Bank OCBC NISP atau bank NISP didirikan pada tanggal 4 April 1941 di kota Bandung. Bank OCBC NISP terus berkembang menjadi bank yang solid dan handal, dalam hal melayani usaha kecil dan menengah. Bank ini menawarkan berbagai produk yang menarik diantaranya seperti tabungan harian, tabungan berhadiah ganda, tabungan berjangka dan OCBC NISP dollar. Sedangkan untuk aset yang dimiliki bank OCBC NISP yaitu mencapai Rp 161,55 triliun.

9. CitiBank

CitiBank

CitiBank didirikan pada 1812 sebagai CitiBank of New York. Bank satu ini menawarkan berbagai layanan seperti kartu kredit, hipotek, pinjaman pribadi, pinjaman komersial, dan jalur kredit. CitiBank menjadi salah satu bank asing dengan aset terbesar di Indonesia.

10. Bank DBS Indonesia

Bank DBS Indonesia

Bank DBS berdiri pada tahun 1989. Bank DBS atau The Development Bank of Singapore merupakan salah satu pelopor inovasi digital banking di Indonesia melalui produk Digibank. DBS memberikan pelayanan kepada nasabahnya, diantaranya seperti konsumer, istitusional, tresuri dan lain sebagainya. Sedangkan untuk aset yang dimiliki bank ini yaitu mencapai Rp 91,22 triliun.

11. Bank Cimb Niaga

Bank Cimb Niaga

Cimb Niaga berdiri pada tanggal 26 September 1955 sebagai bank swasta nasional yang bernama Bank Niaga. Cimb Niaga merupakan bank terbesar ke empat di Indonesia. Dari segi aset, dan prestasi serta keunggulan di bidang pelayanan nasabah dan pengembangan managemen, bank ini layak menjadi bank terbaik. Untuk aset yang dimiliki bank ini sendiri yakni mencapai Rp 255,69 triliun.

12. Bank Maybank Indonesia

Bank Maybank Indonesia

Maybank adalah salah satu bank swasta di Indonesia sebagai penyedia layanan keuangan terbesar di ASEAN. Bank ini didirikan pada 15 Mei 1959 dengan nama Bank International Indonesia. Bank ini memiliki aset yang mencapai nilai Rp 160,88 triliun.

13. Bank Danamon

Bank Danamon

Bank danamon berdiri pada 16 Juli 1956. Bank Danamon merupakan bank yang pertama kali menjadi bank yang memelopori pertukaran mata uang asing. Bank ini memiliki aset hingga mencapai Rp 153,79 triliun. Bank ini menawarkan beragam produk dan layanan yang menguntungkan, sehingga bank ini sudah memiliki banyak nasabah.

Fungsi Bank

Fungsi Bank

Sebagai lembaga intermediasi keuangan, bank memiliki banyak fungsi. Adapun beberapa fungsi bank seperti berikut ini.

  • Menghimpun dana dari masyarakat.
  • Menyalurkan dana kepada masyarakat.
  • Mendukung kelancaran mekanisme pembayaran.
  • Mendukung kelancaran transaksi internasional.
  • Menciptakan uang.
  • Sebagai sarana Investasi.
  • Penyimpanan barang berharga.

Itulah beberapa bank terbaik di Indonesia yang dapat bankir.id sajikan. Jumlah bank terbaik di Indonesia memang banyak, namun bank-bank di atas adalah bank terbaik dari yang terbaik. Nah, untuk menambah wawasan seputar dunia bank, ada baiknya anda baca kode bank Indonesia, yang sudah bankir bahas sebelumnya. Demikian informasi yang dapat bankir sajikan, semoga bermanfaat.