Apa Itu Token Mandiri? dari Fungsi & Cara Mendapatkan

Token Mandiri – Mandiri adalah salah satu BANK TERBAIK di INDONESIA yang menawarkan berbagai produk dan layanan yang memudahkan nasabahnya. Beberapa produk dan layanan dihadirkan Bank Mandiri demi kenyaman dan kepuasan nasabah.

Dengan bantuan bank Mandiri, maka anda bisa menabung atau menyimpan uang dengan aman. Selain itu, nasabah yang ingin melakukan transaksi juga akan lebih mudah, pasalnya bank Mandiri menyediakan layana ATM, Elektronik Banking Kartu Kredit dan lain sebagianya.

Nah, demi meningkatkan keamana nasabah dalam melakukan transaksi finansial, bank Mandiri menghadirkan inovasi baru sebagai peningkatan pengamanan transaksi menggunakan Internat Banking. Inovasi yang dihadirkan tersebut bernama token Mandiri.

Advertisements

Token Mandiri adalah sebuah alat seperti kalkulator untuk meningkatkan keamanan nasabah dalam melakukan berbagai transaksi. Mungkin bagi sebagian nasabah masih asing dengan alat yang satu ini. Nah, untuk penjelasan selengkapnya telah kami siapkan di bagian pembahasan.

Definisi Token Mandiri, Fungsi dan Cara Mendapatkan Token PIN

Definisi Token Mandiri Fungsi dan Cara Mendapatkan Token PIN

Dibawah ini telah kami siapkan informasi lengkap seputar token dari bank Mandiri ini, mulai dari pengertian, fungsi hingga caranya mendapatkannya. Jadi bagi anda yang belum mengetahuinya, maka inilah saat yang paling tepat untuk mengetahuinya. Maka dari itu, silahkan simak ulasan dari bankir di bawah ini.

Apa Itu Token PIN Mandiri?

Token Mandiri merupakan alat pengaman tambahan untuk transaksi finansial di Elektronik Banking Mandiri. Token ini berfungsi untuk menghasilkan Personal Identification Number (PIN) yang selalu berganti (PIN Dinamis) untuk setiap kali nasanbah melakukan transaksi finansial menggunakan e-Banking.

Nasabah dapat menggunakan PIN Mandiri pada saat bertransaksi di salah satu channel Elektronik Banking Mandiri seperti Mandiri Internet, SMS Banking Mandiri dan Call Mandiri. Bank Mandiri memberikan nomor password awal yang berjumlah 8 digit yakni 12345678, yang nantinya harus diubah oleh nasabah menjadi 6 digit nomor password.

Fungsi Token PIN Mandiri

Fungsi Token PIN Mandiri

Token adalah alah untuk menambahkan keamanan transaksi. Maksudanya, anda harus menggunakan token untuk login dan mengakses layanan internet banking. Token ini bebrebentuk seperti kalkulator yang berfungsi untuk membuat one time password atau PIN Dinamis setiap kali ingin melakukan transaksi finansial.

Selain itu, token juga berfungsi sebagai pemegang salah satu atau lebih rekening tabungan Mandiri, rekening giro rupiah atau mata uang asing. Fungsi lain dari alat canggih ini yaitu sebagai alat pengaman tambahan. Dengan begitu, maka transaksi menggunakan internet banking Mandiri seperti BAYAR KARTU KREDIT, Transfer dan lain sebagainya akan lebih aman.

Syarat Mendapatkan Token PIN Mandiri

Untuk mendapatkannya, ada persyaratan yang perlu anda siapkan. Syarat-syarat yang dibutuhkan untuk mendapatkan token terbilang cukup ringan. Adapun cara yang dibutuhkan yaitu sebagai berikut.

  • Buku Rekening Tabungan.
  • Kartu ATM.
  • e-KTP yang masih berlaku.
  • Sudah melakukan pendaftaran internet banking.
  • Membayar biaya administrasi.
  • Melakukan proses registrasi di kantor cabang.
  • Mengisi formulir pengajuan.

Cara Mendapatkan Token PIN Mandiri

Cara Mendapatkan Token PIN Mandiri

Setelah semua syarat-syarat di atas sudah terpenuhi, barulah anda bisa langsung mengajukan token PIN. Caranya sendiri terbilang cukup mudah. Adapun caranya, silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Langkah yang pertama, silahkan siapkan persyaratan di atas.
  2. Siapkan juga biaya administrasi sebesar Rp. 20.000.
  3. Setelah itu, silahkan kunjungi kantor cabang Mandiri terdekat di daerah anda.
  4. Kemudian, silahkan daftarkan nomor HP yang akan anda gunakan untuk mendaftar dan aktivasi internet banking di ATM.
  5. Selanjutnya, silahkan masuk ke bankdan ambil nomor antrian.
  6. Biasanya, saat mengantri petugas akan memberi formulir untuk diisi. Jadi isi formulir pengajuan tersebut sambil menunggu giliran di panggil.
  7. Jika giliran anda dipanggil, silahkan sampaikan kepada petugas bahwa anda ingin mengurus token Mandiri.
  8. Lalu, serahkan formulir yang sebelumnya telah diisi dan juga semua dokumen persyaratan yang di butuhkan.
  9. Kemudian, petugas akan meminta anda untuk membuat PIN. Pastikan PIN yang anda buat mudah untuk diingat dan tidak ada yang tahu selain anda.
  10. Selanjutnya, tinggal ikuti panduan yang diberikan petugas, maka anda akan mendapatkan tokennya.

Hal-hal Penting Yang Wajib Diketahui

Setelah mendapatkan tokennya, ada beberapa hal yang wajib anda ketahui. Hal-hal tersebut meliputi :

  • Pemilik wajib memelihara dan merawat token PIN dengan mengikuti panduan penggunaan yang tertera pada buku petunjuk pemakaian.
  • Satu token hanya dapat dihubungkan dengan 1 nomor nasabah.
  • Token sekarang ini baru bisa digunakan untuk di Internet banking.
  • Toket tetap menjadi milik bank dan harus dikembalikan jika diminta oleh bank.

Itulah informasi lengkap seputar token Mandiri yang dapat bankir.id sajikan untuk anda. Dengan mendapatkan token tersebut, diharapkan transaksi yang dilakukan nasabah akan lebih aman. Demikian dan semoga informasi di atas bermanfaat.