√ Apa Itu Blu BCA ? Fitur, Kelebihan & Kekurangan

Apa Itu Blu BCA – Menjadi salah satu Bank terbaik di Indonesia bahkan Asia, BCA masih terus mengembangkan inovasinya hingga saat ini. Hal tersebut dibuktikan dengan kabar mengenai kehadiran produk baru dari Bank BCA bernama Blu.

Sebagai nasabah BCA, beberapa dari kalian mungkin sudah tahu kabar terkait produk Blu dari BCA. Namun bagi yang baru mendengar kabar tersebut, pasti kalian penasaran apa itu Blu BCA. Maka dari itu, pada artikel berikut kami bakal menjelaskan secara lengkap terkait apa itu produk terbaru dari BCA.

Secara garis besar, Blu itu merupakan produk Bank Digital yang diproduksi oleh BCA. Hal ini tentu bertujuan guna mengikuti perkembangan zaman dimana saat ini apapun serba Digital. Disamping itu, Blu juga diharapkan mampu menarik perhatian nasabah baru, khususnya dari kalangan anak muda.

Kemudian sama seperti Bank Digital pada umumnya, Blu juga punya beragam fitur serta kelebihan dan kekurangan yang wajib diketahui. Nah, supaya tahu lebih jelas mengenai apa itu Blu BCA, fitur yang ditawarkan dan informasi lain terkait produk tersebut mari kita simak ulasan dibawah ini.

Apa Itu Blu BCA ?

Apa Itu Blu BCA

Apa itu Blu BCA ? mungkin kalimat tersebut adalah yang pertama kali saat mendengar kabar jika BCA akan merilis fitur baru bernama Blu. Jadi, seperti kami singgung diatas bahwa Blu BCA itu merupakan produk Bank Digital dari BCA. Blu sendiri telah resmi dirilis per tanggal 2 Juli 2021.

Layanan Blu hadir dalam bentuk aplikasi yang dapat di install pada perangkat Android melalui Google Play Store. Untuk sementara ini aplikasi Blu BCA memang belum tersedia untuk pengguna iPhone, akan tetapi BCA berjanji bakal merilis layanan tersebut di App Store.

Kemudian perlu diketahui bahwa aplikasi Blu juga telah terhubung dengan segala fasilitas Digital dari BCA, mulai dari Call Center, jaringan ATM dan lain sebagainya. Disamping itu, untuk proses registrasi nantinya juga bakal dilakukan sepenuhnya melalui aplikasi itu.

Sebab, Blu juga termasuk dalam jenis Bank Digital tanpa kantor cabang alias Branchless. Dengan demikian, segala bentuk informasi mengenai Blu dapat kalian temukan lewat aplikasi tersebut, tak terkecuali tahap pembuatan rekening.

Apa Saja Fitur Blu BCA ?

Apa Saja Fitur Blu BCA

Setelah mengetahui sedikit mengenai apa itu Blu BCA, sekarang kalian juga perlu tahu apa saja fitur yang ditawarkan oleh layanan itu sendiri. Nah, penjelasan terkait fitur apa saja tersedia di aplikasi Blu dapat kalian simak dibawah ini :

1. BluAccount

BluAccount merupakan fitur rekening yang digunakan untuk transaksi seperti tarik tunai, transfer, pembayaran tagihan, Top Up e-Wallet dan lain sebagainya. Seperti kami singgung diatas, untuk buka rekening Blu kalian tinggal memanfaatkan aplikasi Blu, tanpa harus keluar rumah.

2. BluSaving

BluSaving bisa jadi pilihan terbaik bagi kalian yang ingin menabung untuk keperluan jangka panjang maupun jangka pendek. Rekening BluSaving sendiri bisa dibuka hingga 10 tabungan dalam satu rekening tanpa nomor. Dengan ini kalian bisa memilah dana untuk di tabung dan kebutuhan lainnya.

3. BluGether

BluGether merupakan rekening Blu yang berfungsi sebagai rekening Bendahara. Artinya rekening tersebut bisa digunakan oleh banyak orang untuk menabung maupun hal finansial lainnya. Disamping itu, ketika salah satu pengguna rekening tersebut melakukan transaksi, maka seluruh pemilik akan menerima notifikasi.

4. BluDeposit

BluDeposit juga tersedia pada Bank Digital BCA dimana fitur ini bakal memudahkan nasabah untuk membuka Deposit. Menariknya lagi, Blu juga memungkinkan nasabah untuk melakukan Top Up Deposit.

5. HaloBlu

Terakhir, BCA juga menyediakan fitur bernama HaloBlu yang berguna sebagai layanan pusat informasi atau lebih dikenal sebagai Call Center. Melalui fitur ini setiap calon nasabah bisa menanyakan segala informasi terkait Bank Digital Blu dari BCA. Nantinya petugas bakal menjelaskan secara lengkap mengenai informasi yang dibutuhkan calon nasabah.

Kelebihan Bank Digital BCA

Kelebihan Bank Digital BCA

Sampai disini tentu kalian mulai penasaran mengenai apa saja kelebihan dari Bank Digital BCA itu sendiri. Jadi, selain mempunyai kelima fitur diatas, Bank Digital BCA juga mempunyai beberapa keunggulan, antara lain sebagai berikut :

1. Pembuatan Rekening via Online

Pertama, calon nasabah Blu BCA dapat membuka rekening dengan mudah melalui aplikasi Blu. Kemudian untuk syarat buka rekening pun sangat mudah, yaitu cukup KTP, Email dan Nomor HP. Mungkin proses pembuatan rekening Blu nantinya tidak beda jauh seperti proses BUKA REKENING LINE BANK maupun Bank Digital lainnya seperti Jenius BTPN dan Neo Commerce.

2. Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu

Kedua, Blu juga mendukung transaksi tarik tunai tanpa kartu melalui seluruh gerai ATM BCA. Langkah-langkah melakukan transaksi tersebut tidak beda jauh seperti tarik tunai tanpa kartu lewat BCA Mobile dan layanan serupa dari Bank lain.

3. Bebas Biaya Admin

Ketiga, Blu juga membebaskan biaya admin untuk berbagai jenis transaksi, antara lain :

  • Bebas Biaya Admin bulanan
  • Bebas Biaya Tarik Tunai di ATM BCA
  • Bebas Biaya Transfer ke BCA
  • Bebas Biaya Transfer dari BCA*
  • Bebas Biaya Transfer ke Bank Lain/Top Up GoPay

4. Suku Bunga Kompetitif

Keempat, Blu juga menerapkan suku bunga yang kompetitif sehingga membuat kalian lebih semangat untuk menabung.

Kekurangan Bank Digital BCA

Kekurangan Bank Digital BCA

Selain beberapa kelebihan diatas, ternyata Blu juga mempunyai beberapa kekurangan yang wajib diketahui. Nah, apa sajakah kekurangan dari Bank Digital BCA itu sendiri? Simak selengkapnya dibawah ini :

1. Baru Tersedia Untuk Pengguna Android

Seperti kami singgung diatas bahwa untuk sementara BCA hanya menyediakan aplikasi Blu untuk para pengguna Android. Dengan demikian, bagi para pengguna iPhone belum bisa menggunakan aplikasi Blu BCA. Namun kami yakin dalam waktu dekat Blu bakal dirilis di App Store.

2. Belum Tersedia Fasilitas Kartu ATM

Disamping itu, Blu juga masih mempertimbangkan terkait ketersediaan fasilitas kartu ATM bagi para nasabah. Namun berdasarkan informasi yang kami peroleh, hingga saat ini Blu belum menyediakan fasilitas tersebut.

3. Tidak Memiliki Kantor Offline

Terakhir, Blu juga tidak menyediakan fasilitas pelayanan secara Offline mengingat Blu tidak mempunyai kantor cabang (Branchless). Namun sebagai gantinya, Blu menyediakan fasilitas Call Center yang siap melayani nasabah selama 24 jam.

Akhir Kata

Demikianlah informasi dari Bankir.id mengenai apa itu Blu BCA lengkap dengan fitur apa saja yang tersedia pada layanan tersebut. Selain itu, kami juga memberikan informasi terkait kelebihan dan kekurangan dari Bank Digital tersebut. Disamping itu, kami ingatkan sekali lagi jika Blu baru tersedia di Google Play Store. Meskipun demikian, kabarnya dalam waktu dekat BCA bakal menyediakan aplikasi Blu untuk para pengguna iOS.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here