√ Apa Itu Auto Grab Fund BRI 2022 : Arti, Potongan & Keuntungan

Advertisements

Apa Itu Auto Grab Fund BRI – Bank Rakyat Indonesia atau dikenal dengan BRI, pastinya sudah tidak asing lagi bagi masyarakat tanah air. Karena bank milik negara ini menjadi salah satu bank terbaik yang ada, hal itu dibuktikan dengan banyaknya nasabah yang tersebar dari berbagai pelosok negeri.

Bukan hanya nasabah, pihak BRI juga memberikan layanan fasilitas di mana dapat mempermudah urusan transaksi para nasabahnya. Seperti misalnya telah disediakannya kantor cabang di setiap daerah, lebih dari 22.000 mesin ATM dan layanan online seperti SMS, Internet dan Mobile Banking.

Dengan layanan-layanan itulah nantinya nasabah BRI bisa melakukan berbagai transaksi transaksi. Seperti misalnya pendaftaran atau pembukaan rekening di kantor pengecekan saldo saldo, transfer, pembayaran, cek mutasi dan masih banyak lewat fasilitas yang tersedia.

Advertisements

Nah dalam melakukan transaksi cek mutasi rekening BRI, pastinya nasabah BRI akan menjumpai sebuah kode mutasi yang terkadang tidak mengetahui tentang arti dari transaksi apa yang telah terjadi. Seperti misalnya kode AGF (Auto Grab Fund), untuk Anda yang belum tahu akan artinya berikut akan disampaikan secara jelas.

Apa Itu Auto Grab Fund BRI
Advertisements

Auto Grab Fund BRI

Di mana apa itu Auto Grab Fund BRI (AGF) sendiri adalah fasilitas pembayaran otomatis yang dapat digunakan untuk melakukan pembayaran angsuran pinjaman di bank BRI. Pembayaran nantinya akan otomatis terpotong dari saldo rekening BRI yang dilakukan oleh pihak BRI sesuai dengan nominal angsuran.

Nantinya pendebitan saldo rekening tabungan sebagai pembayaran pinjaman akan dilakukan setiap tanggal kesepakatan yang telah dibuat oleh dua pihak yaitu BRI dan nasabah di setiap bulannya sesuai dengan pemilihan lama pinjaman yang dipilih pertama kali mengajukan pinjaman.

Advertisements

Dengan catatan fasilitas Auto Grab Fund hanya bisa digunakan jika nasabah telah menyetujui dan mengaktifkan Auto Grab Fund atau pembayaran angsuran secara otomatis dengan memotong saldo tabungan di awal. Atau bisa diartikan jika nasabah BRI menyetujui pembayaran autodebet.

Namun jika nasabah tidak menginginkan pembayaran angsuran secara otomatis, maka bisa memilih metode pembayaran pinjaman di bank BRI secara manual. Untuk pembayaran manual bisa manfaatkan layanan seperti ATM, layanan teller dan agen BRILink, Internet Banking dan SMS Banking.

Dengan catatan terlebih dahulu nasabah BRI sudah mendapatkan kode bayar atau nomor virtual account yang diberikan oleh pihak bank BRI di awal mengajukan pinjaman. Setelah itu baru bisa mulai lakukan pembayaran manual lewat beberapa pilihan cara di atas.

Beberapa Pinjaman Dari Bank BRI

Selain tahu arti Auto Grab Fund BRI di atas, Anda juga perlu tahu akan beberapa pinjaman-pinjaman yang dimiliki Bank Rakyat Indonesia (BRI). Untuk pinjaman yang ditawarkan oleh bank BRI bisa dibilang cukup banyak, salah satu yang populer seperti ada Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan beberapa lainnya seperti:

  • Briguna Karya (KTA konsumtif)
  • Briguna Pendidikan
  • Briguna Purna (KTA pensiun)
  • Briguna Umum (KTA konsumtif)
  • KKB BRI Refinancing
  • KKB Mobil Bekas dan Baru
  • KKB Motor Premium
  • KPRS BRI (Kredit rumah subsidi)
  • Kredit Investasi
  • Kredit Kemitraan
  • Kredit Modal Kerja
  • Kredit Pangan
  • Kupedes
  • KUR (Kredit UMKM)
  • Pinjaman Bank BRI KPR (Kredit Rumah / Apartemen)
  • Pinjaman online BRI Ceria
  • Resi Gudang

Bagi nasabah BRI yang ingin lakukan pengajuan pinjaman, bisa datang langsung ke kantor bank BRI dengan lengkapi syarat ketentuan masing sesuai pinjaman apa yang akan diajukan. Jangan lupa juga untuk memilih metode pembayaran tagihan atau cicilan, baik itu melalui pembayaran manual atau otomatis di fasilitas AGF.

Potongan Auto Grab Fund BRI

Mengenai potongan otomatis tersebut, pihak bank BRI akan memotong saldo tabungan sebagai pembayaran otomatis atas pinjaman akan berbeda. Secara umum potongan Auto Grab Fund akan ditentukan atas kesepakatan kedua belah pihak yaitu nasabah peminjam dan bank BRI.

Contoh, tagihan KUR BRI akan muncul setiap 5 hari sebelum tanggal jatuh tempo pembayaran. Tujuannya munculnya tagihan tersebut guna mengingatkan nasabah agar tidak telat bayar angsuran atau cicilan agar tidak terkena denda telat bayar angsuran.

Ada banyak resiko yang bisa didapat, baik dari denda pembayaran dan risiko lebih berat seperti di blacklist yang bisa membuat nama nasabah tidak bisa mengajukan pinjaman BRI lain atau jenis pinjaman lain dari bank-bank lainnya.

Keuntungan Aktifkan Fasilitas Auto Grab Fund

Setelah tahu pengertian Auto Grab Fund BRI dan kapan potongan atau pendebitan otomatis pihak BRI atas pembayaran yang memotong saldo di dalam rekening. Maka Anda juga perlu mengetahui keuntungan atas pengaktifan fasilitas pembayaran Auto Grab Fund atau autodebet.

  • Nasabah lebih praktis karena tidak perlu lakukan transfer atau bayar tagihan manual melalui ATM, Internet Banking, Mobile Banking atau setor tunai di teller atau agen BRILink.
  • Terhindar telat bayar akibat pembayaran kredit atau angsuran akan terjadi jika tagihan muncul dan saldo di dalam tabungan mencukupi sesuai jumlah nominal tagihan.
  • Memberikan keuntungan lebih bagi para nasabah BRI kerap lupa akan tanggal jatuh tempo pembayaran angsuran, cicilan atau pinjamannya.

Akhir Kata

Itulah pembahasan apa itu Auto Grab Fund BRI dapat bankir.id sajikan lengkap dengan informasi terkait lainnya. Semoga dengan adanya pembahasan terkait apa itu Auto Grab Fund di atas bisa bermanfaat bagi semua yang membutuhkan terutama nasabah BRI di mana tidak tahu apa arti dari Auto Grab Fund.

Advertisements

Tinggalkan komentar