Akun DANA Tidak Bisa Transfer? Ini 12 Cara Mengatasinya!

Bankir.id – Seringkali kita mendengar masalah akun DANA tidak bisa transfer meskipun kondisi jaringan internet terbilang stabil. Lantas, apa yang mempengaruhi hal tersebut dan bagaimana cara untuk mengatasinya?

DANA sudah menjadi salah satu dompet digital pilihan penunjang kegiatan transaksi bagi masyarakat. Kendati terbilang memiliki fitur lengkap, nyatanya masih ada beberapa kasus akun DANA tidak bisa transfer karena satu dan lain hal.

Alih-alih ingin mengatasinya secara mandiri, kita justru tidak mengetahui apa yang harus dilakukan. Karena permasalahan tidak kunjung reda, maka akun DANA tidak bisa transfer masih terus terjadi dalam waktu lama.

Advertisements

Agar dapat membantu Anda yang saat ini tengah mengalami masalah akun DANA tidak bisa transfer, maka Bankir ID akan coba berikan cara mengatasinya. Dengan demikian, akun DANA dapat digunakan seperti semula.

Penyebab Akun DANA Tidak Bisa Transfer

Akun DANA Tidak Bisa Transfer

Sebelum beralih pada cara mengatasi akun masalah akun DANA, maka akan lebih bijak jika kita mengetahui terlebih dahulu penyebabnya. Ada beberapa alasan mengapa akun dari dompet digital tersebut tidak bisa digunakan untuk transfer, sebagai berikut.

1. Tidak Bisa Transfer Karena Akun DANA Dibekukan Sementara

Sebelum mengirim, pastikan akun penerima dana yang akan diberikan kiriman tidak dibekukan. Biasanya masalah akun dibekukan akan berpengaruh pada kegiatan transfer. Itulah mengapa pengguna tidak dapat mengirimkan dana selama akun masih dibekukan.

Banyak penyebab akun DANA dibekukan dan salah satunya adalah kesalahan dalam mengetikan PIN. Supaya bisa memahami permasalahan tersebut, maka silahkan kunjungi Informasi Penanganan Akun DANA Dibekukan ini.

2. Tidak Bisa Transfer Karena Maintenance oleh Pihak DANA

Biasanya sebuah platform e-Wallet akan melakukan peremajaan sistem dengan cara melakukan perawatan atau maintenance. Jadi masuk akal jika penyebab DANA tidak bisa mengirimkan saldo tersebut karena sedang ada maintenance.

3. Tidak Bisa Transfer Karena Jaringan Internet Tidak Stabil

Karena jaringan internet tidak stabil maka proses transfer DANA tidak bisa dilakukan. Maka dari itu sebelum mengirimkan saldo melalui akun DANA, maka cek kembali koneksi internet di perangkat.

4. Tidak Bisa Transfer Karena Cache Aplikasi Menumpuk

Cache aplikasi merupakan sebuah file sampah yang akan mempengaruhi kinerja baik perangkat maupun aplikasi DANA sendiri. Itulah mengapa kegiatan transfer tidak bisa dilakukan meskipun semua elemen DANA sangat mendukung.

5. Sudah Memenuhi Limit Kirim Bulanan

Perlu diketahui jika DANA memiliki limit kirim baik di Akun normal maupun Premium. Sebagai informasi, Akun DANA normal memiliki limit Rp. 2.000.000,00 dan Premium adalah Rp. 10.000.000,00.

6. Tujuan Transfer Tidak Valid

Tujuan transfer juga menjadi alasan utama kenapa kegiatan tersebut tidak dapat dilakukan. Mengapa bisa tidak valid? Biasanya kesalahan dalam pengetikan rekening tujuan membuat kegiatan transfer jadi tidak valid.

Setelah mengetahui akar masalahnya, barulah Anda bisa menerapkan cara mengatasi masalah pada akun DANA tersebut. Jadi akun bisa digunakan kembali untuk berbagai kegiatan transfer baik ke sesama DANA maupun ke rekening bank.

Cara Mengatasi Akun DANA Tidak Bisa Transfer

Tibalah saatnya untuk mengetahui bagaimana cara mengatasi masalah pada akun DANA tersebut. Tentunya semua metode atau cara yang digunakan sudah sesuai dengan ketentuan dari pihak DANA sehingga aman jika dilakukan.

Berikut beberapa cara mengatasi Akun DANA tidak bisa transfer.

1. Relog Aplikasi DANA

Supaya Akun DANA bisa digunakan untuk kirim saldo, maka cara pertama untuk mengatasinya adalah melakukan Relog atau Restart ulang aplikasi. Jadi data aplikasi akan kembali bersih sehingga kegiatan transfer bisa lebih lancar.

2. Cek Koneksi Internet pada Perangkat

Saat ini sudah banyak aplikasi maupun program pihak ketiga yang bisa digunakan untuk cek koneksi internet. Anda bisa memanfaatkan hal tersebut supaya bisa melakukan aktivitas transfer secara normal.

3. Lakukan Upgrade Akun Premium DANA

Sekedar informasi Limit akun DANA dapat diupgrade jadi lebih besar dengan merubah status keanggotaan menjadi Premium. Banyak keuntungan dari adanya Akun Premium tersebut seperti limit kirim dan penerimaan DANA jadi lebih besar dan fleksibel.

4. Pastikan Pengetikan Tujuan Transfer

Alamat tujuan transfer harus selalu dipastikan sebelum transfer melalui akun DANA. Pastikan tidak ada kesalahan ketikan supaya kegiatan transfer lebih lancar. Bila perlu manfaatkan fitur copy paste supaya alamat tujuan transfer bisa lebih Akurat.

5. Hapus Cache pada Perangkat

Biasanya sebuah perangkat memiliki aplikasi Manajemen Perangkat bawaan untuk membuat kondisi HP jadi lebih prima. Salah satu tujuannya adalah menghapus Cache di aplikasi di sebuah perangkat.

6. Lakukan Transfer pada Jam Kerja

Biasanya sebuah maintenance khususnya aplikasi DANA dilakukan pada saat tengah malam. Guna menghindari adanya tabrakan dengan kegiatan tersebut, maka silahkan lakukan transfer DANA di jam kerja saja.

Ternyata sangat mudah mengatasi masalah pada akun DANA yang Anda miliki. Tentunya semua hal di atas dapat mengatasi masalah transfer yang sedang dialami. Jadi akun DANA dapat digunakan lagi seperti semula tanpa kendala.

Call Center Resmi e-Wallet DANA

Selain menggunakan beberapa metode di atas, Anda juga dapat mengatasi masalah transfer dengan menghubungi Customer Service secara langsung. Ada beberapa layanan Call Center DANA untuk terhubung langsung dengan pihak CS.

Berikut beberapa layanan Call Center Resmi e-Wallet DANA.

  • Telepon Resmi e-Wallet DANA: 1500 445
  • Whatsapp Resmi e-Wallet DANA: 08191 1500 445
  • Email Resmi e-Wallet DANA: help@dana.id

FAQ Akun DANA Tidak Bisa Transfer

Kenapa DANA tidak bisa digunakan?

Ada beberapa penyebab DANA tidak bisa digunakan mulai dari akun dibekukan, maintenance, internet kurang stabil, cache aplikasi, sudah memenuhi limit kirim, dan tujuan transfer tidak valid

Sampai kapan akun DANA dibekukan?

Biasanya akun DANA akan dibekukan selama 1 jam setelah menerima notifikasi

Bagaimana cara mengatasi DANA Limit?

Supaya memberikan limit kirim dan penerimaan lebih besar, maka Anda bisa merubah status akun DANA menjadi premium

Akhir Kata

Kini Anda sudah mengetahui bagaimana mengatasi akun DANA tidak bisa transfer melalui pembahasan di atas. Silahkan terapkan prosedur sesuai dengan pembahasan di atas supaya akun DANA dapat digunakan kembali untuk transfer.

Sekian pembahasan mengenai Masalah Transfer Akun DANA dari Penulis Bankir.id. Nantikan informasi menarik seputar dunia perbankan, e-Wallet, dan tips keuangan lainnya hanya dari kami. Semoga pembahasan ini dapat memberikan manfaat bagi seluruh pengguna DANA.

Sumber Gambar: Admin Bankir ID

Tinggalkan komentar